Timnas Indonesia Harus Waspada, Filipina Janji Bantu Vietnam Lolos ke Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia Harus Waspada, Filipina Janji Bantu Vietnam Lolos ke Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Utama | inews | Jum'at, 7 Juni 2024 - 13:25
share

HANOI, iNews.id Timnas Indonesia harus waspada saat menjamu Filipina. Sebab, tim berjuluk The Azkals itu berjanji akan membantu Timnas Vietnam lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Setelah takluk 0-2 dari Irak, Tim Garuda akan meladeni Timnas Filipina pada matchday 6 putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024) pukul 19.30 WIB.

Menghadapi Filipina jadi laga krusial untuk Indonesia. Tim Garuda harus menang untuk menentukan sendiri nasibnya ke fase selanjutnya. Jika seri atau kalah, maka kans Indonesia akan ditentukan laga Irak vs Vietnam di Basra, Rabu (12/6/2024) dini hari WIB.

Tentu, bukan hal mudah meladeni Filipina yang akan datang dengan sejumlah pemain naturalisasinya. Terlebih, Pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet, berjanji bakal membantu Vietnam lolos ke putaran ketiga.

Filipina takluk 2-3 dari Vietnam di laga kelima Grup F di My Dinh National Stadium, Kamis (6/6/2024) malam. The Azkals sempat memimpin terlebih dahulu melalui Patrick Reichelt pada menit ke-62, tetapi Nguyen Tien Linh (65, 76) membawa Vietnam berbalik memimpin.

Kemudian, Kevin Ingreso (89) membuat Filipina menyamakan keadaan, tetapi Pham Tuan Hai (90+5) mampu membawa The Golden Stars mendapatkan kemenangan.

Meski mendapatkan kemenangan, Vietnam masih tertahan di posisi kedua Grup F dengan enam poin. Tim besutan Kim Sang-sik itu tertinggal satu angka dari Timnas Indonesia yang berada di tempat kedua.

Meski sudah dipastikan tersingkir, Filipina berharap mendapatkan dukungan dari penggemar Vietnam saat Filipina berhadapan dengan Timnas Indonesia. Sebab, mereka akan membantu Vietnam lolos ke babak selanjutnya dengan mencoba mengalahkan Skuad Garuda.

Saya berharap juga mendapat dukungan dari suporter Vietnam. Jika kita menang melawan Indonesia dan Vietnam menang melawan Irak, tim Vietnam akan terus maju," kata Tom Saintfiet dikutip dari Soha, Jumat (7/6/2024).

Tom Saintfiet memastikan Filipina bakal menunjukkan penampilan terbaik, tetapi Timnas Indonesia bukanlah tim yang mudah untuk dikalahkan. Dia pun sadar timnya bakal menjalani pertandingan sangat sulit saat bertandang ke Indonesia.

"Kami akan melakukan yang terbaik, Indonesia adalah tim yang kuat dan mereka juga ingin menang. Pertandingan berikutnya akan sangat sulit, ujarnya.

Topik Menarik