Ini Alasan Bahlil Beri Izin Tambang ke Ormas

Ini Alasan Bahlil Beri Izin Tambang ke Ormas

Berita Utama | okezone | Jum'at, 7 Juni 2024 - 13:15
share

JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal ( BKPM ) Bahlil Lahadalia memberi alasan dibalik pemberian konsesi tambang kepada organisasi masyarakat (ormas) keagamaan.

Bahlil menjelaskan gagasan tersebut pertama kali muncul setelah Presiden Joko Widodo berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia. Kemudian mendapatkan aspirasi agar para ormas bisa mendapatkan kesempatan memiliki konsesi tambang.

Hal itu kemudian yang ditindaklanjuti dalam Rapat Terbatas (Ratas) sebelum pengambilan keputusan untuk pemberian konsesi tambang kepada ormas keagamaan.

"Presiden menyampaikan bahwa IUP ini hanya dikuasai oleh perusahaan besar, oleh investor besar, karena dalam berbagai perjalanan dinas, Presiden menerima aspirasi bahwa ormas ini diperankan," ujar Bahlil dalam konferensi pers di Kantornya, Jumat (7/6/2024).

Bahlil menjelaskan dibalik persetujuan untuk memberikan ormas keagamaan berupa konsesi tambang, ada aspek historis yang menjadi pertimbangan. Bagaimana peran ormas ini yang menurutnya sigap dalam membantu persoalan negara.

Topik Menarik