Ternyata Ini Alasan Hasil Simpanan Pensiunan PNS di Tapera Hanya Rp5 Juta Usai Puluhan Tahun

Ternyata Ini Alasan Hasil Simpanan Pensiunan PNS di Tapera Hanya Rp5 Juta Usai Puluhan Tahun

Berita Utama | okezone | Jum'at, 7 Juni 2024 - 06:50
share

JAKARTA - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat ( BP Tapera ) mengungkapkan kecilnya jumlah pengembalian simpanan peserta Tapera terutama pensiunan PNS setelah puluhan tahun menabung terbilang kecil.

Komisioner BP Tapera Heru Pudyo Nugroho mengatakan, hasil pengembalian simpanan Tapera memang kecil karena iuran yang dibebankan sedikit.

Menurutnya, nilai tabungan di era Bapertarum-PNS atau sebelumnya muncul Tapera diatur dalam Keppres Nomor 14 Tahun 1993, dan nominalnya menyesuaikan dengan golongan PNS.

Iuran untuk PNS golongan I hanya Rp3.000 per bulan, golongan II Rp5.000, golongan III Rp7.000, dan golongan IV Rp10.000 per bulan.

Jadi mengapa simpanan yang didapat hanya Rp5 jutaan karena setiap golongan iurannya kecil sekali, otomatis (simpanan) yang dikembalikan juga kecil, kata Heru.

Heru mencontohkan, jika PNS golongan III menabung di Bapertarum pada 1993, kemudian naik ke golongan IV pada 2007, dan pensiun pada 2016, mereka hanya akan mendapat dana pengembalian pokok simpanan sebesar Rp2.256.000, tanpa hasil pemupukan.

Namun, setelah tabungan peserta eks Bapertarum diintegrasikan dan dialihkan ke Tapera, nilai ekonomis tabungan peserta meningkat karena adanya pemupukan dana.

Topik Menarik