Jangan Panik! Ikuti Langkah Ini jika Data Pribadi Disebar Pinjol

Jangan Panik! Ikuti Langkah Ini jika Data Pribadi Disebar Pinjol

Berita Utama | okezone | Jum'at, 7 Juni 2024 - 06:30
share

JAKARTA Kasus penyebaran data pribadi sedang marak terjadi akibat naiknya tren penggunaan pinjaman online (pinjol). Nasabah dihimbau untuk tetap tenang dan ikuti langkah berikut.

Belakangan ini pinjol menjadi jalan keluar favorit bagi masyarakat yang sedang terdesak finansial. Namun, hal tersebut justru menjadi bumerang bagi mereka karena banyak terjadi kasus penyebaran data pribadi oleh pinjol.

Nasabah mengaku sangat dirugikan oleh tindakan tersebut. Tak hanya nasabah, orang-orang yang ada di kontak juga dirugikan karena menjadi kontak darurat nasabah walaupun mereka tidak pernah melakukan pinjaman.

Berikut langkah-langkah untuk menghentikan data pribadi yang disebar pinjol:

Melunasi Pinjaman

Langkah pertama adalah memastikan bahwa nasabah yang data pribadinya disebarkan oleh pihak jasa pinjol untuk melunasi hutang pada pinjol tersebut. Karena, biasanya ancaman tersebut muncul ketika nasabah belum melunasi hutang yang ada.

Buat Kesepakatan

Jika nasabah belum mampu untuk melunasi pinjaman dan bunga yang ada, nasabah dapat membuat kesepakatan dengan pihak pinjol tentang cara penagihannya dan meminta keringanan dengan cara baik-baik. Nasabah juga dapat membuat surat kesepakatan sehingga tidak terjadi masalah di masa depan.

Menghapus Izin Operasi Pinjol

Nasabah yang data pribadinya disebarkan oleh pihak jasa pinjaman dapat menghapus cache dan data aplikasi pinjol yang digunakan. Selain itu, nasabah juga bisa langsung mengambil tindakan menghapus aplikasi pinjol tersebut.

Topik Menarik