Prabowo Subianto Kemungkinan Berkunjung ke Rusia

Prabowo Subianto Kemungkinan Berkunjung ke Rusia

Berita Utama | inews | Kamis, 6 Juni 2024 - 13:00
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden terpilih Prabowo Subianto kemungkinan akan berkunjung ke Rusia. Pernyataan itu disampaikan Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) di Moskow, Jose Tavares.

Jose mengatakan kepada kantor berita Sputnik, Kamis (6/6/2024), keputusan akhir masih akan ditentukan oleh Prabowo. Meski demikian Jose mengungkapkan keyakinan yang tinggi kunjungan itu akan terwujud.

Dia tak menyebutkan kapan perjalanan sang Menteri Pertahanan ke Rusia itu berlangsung, apakah sebelum atau setelah dilantik pada Oktober mendatang.

Kunjungan terakhir kali Prabowo ke Rusia sebagai menhan berlangsung pada 2021. Saat itu agenda kunjungannya adalah pembicaraan kerja sama keamanan.

Sementara itu kunjungan terakhir presiden RI ke Rusia terjadi pada 30 Juni 2022. Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat itu bertemu mitranya Vladimir Putin di Istana Kremlin di Moskow untuk mengundangnya ke KTT G20 di Bali yang berlangsung pada akhir tahun.

Selain itu Jokowi juga membawa misi perdamaian, menawarkan sebagai jembatan komunikasi dengan Ukraina.

"Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Dalam konteks inilah, saya lakukan kunjungan ke Kiev dan Moskow, kata Jokowi, yang sebelum bertemu Putin, lebih dulu berkunjung ke Kiev untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelensky.

Saya telah sampaikan pesan Presiden Zelensky kepada Presiden Putin. Saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut, kata Jokowi, saat itu.

Topik Menarik