34 WNI Asal Makassar Korban Visa Haji Ilegal Dipulangkan ke Tanah Air, 3 Orang Masih Ditahan

34 WNI Asal Makassar Korban Visa Haji Ilegal Dipulangkan ke Tanah Air, 3 Orang Masih Ditahan

Berita Utama | celebes.inews.id | Selasa, 4 Juni 2024 - 21:19
share

MAKASAR, iNewsCelebes. id -Sebanyak 37 jamaah WNI asal Makassar yang di tangkap oleh petugas keamanan Arab Saudi saat terjaring pemeriksaan, pada Sabtu 1 Juni 2024 lalu, di madinah, 34 jamaah diantaranya telah di pulangkan ketanah air, setelah melalui pemeriksaan oleh petugas dan telah koordinasi dengan pihak KBRI Jeddah ke pemerintah Arab Saudi. 

34 jamaah WNIi asal Makassar ini merupakan korban dari jamaah haji non visa atau haji ilegal. 

Sementara' tiga WNI lainnya masing masing berinisial SY, MA, dan SJ masih di tahan oleh pihak keamanan Arab Saudi lantaran diduga sebagai pengurus jamaah haji ilegal yang menggunakan visa palsu.

Proses pemulangan 34 jamaah WNI asal Makassar ini menggunakan maskapai Qatar Airways dari bandara internasional Madinah, Arab Saudi, menuju bandara internasional Soekarno Hatta, tenggerang dan di pastikan akan tiba pada pukul 21:30 wib, pada malam ini di Kota Makassar. 

Hingga saat ini kantor wilayah kementerian agama Sulawesi Selatan, belum dapat memastikan nama nama dari 34 jamaah WNI asal Makassar yang di pulangkan ke tanah air dan diduga para WNI tersebut berasal dari berbagai daerah maupun provinsi lain dan bukan seutuhnya dari warga Makassar. 

Sedangkan untuk kepulangan ke daerah asalnya masing masing, mereka dipastikan akan pulang secara perorang karena tidak melalui proses aturan yang sesuai dengan undang undang, " Kata Ikbal Ismail, Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sulsel. 

Atas kejadian ini pihak kantor wilayah kementerian agama Sulawesi Selatan, menghimbau kepada keluarga korban untuk melaporkan kejadian ini ke pihak kemenag Sulsel agar kasus ini bisa di proses oleh pihak berwajib. 

Topik Menarik