Persib Bandung Juara Liga 1, Rachmat Irianto Ikuti Jejak Ayahnya

Persib Bandung Juara Liga 1, Rachmat Irianto Ikuti Jejak Ayahnya

Berita Utama | serpong.inews.id | Sabtu, 1 Juni 2024 - 09:00
share

BANGKALAN, iNews.Serpong.idPersib Bandung menjurai Liga 1 usai mengalahkan Madura United 3-1 pada leg kedua final Championship Series Liga 1 2023-24 di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat 31/5/2024) malam. Persib menang agregat 6-1.

Buat Persib, sukses ini memutus penantian selama satu dekade setelah terakhir juara Indonesia Super League 2014.Ini juga sangat spesial untuk Rachmat Irianto. Sukses ini membuatnya menyamai prestasi sang ayah, Bejo Sugiantoro.

Bejo Sugiantoro pernah mengantarkan Persebaya Surabaya menjadi juara Liga Kansas di tahun 1996-1997. Kala itu, dia sukses meraih kemenangan dengan mengalahkan Bandung Raya 3-1.

Kini, Irianto mampu mengikuti jejak manis sang ayah. Dia sukses mengantarkan Persib yang mengalahkan Madura United dengan skor agregat 6-1. Dengan begitu, Irianto mampu mengulang kesuksesan Bejo Sugiantoro.

Di laga melawan Madura United, Persib tampil menggila. Gawang Madura United hampir kemasukan pada menit keenam, tetapi sundulan David Da Silva masih membentur mistar dan membuat skor masih tetap imbang. Pada menit ke-12, Fachrudin Aryanto memiliki peluang untuk membawa Madura United memimpin tetapi sundulannya masih melebar ke sisi kiri gawang lawan. Pada menit ke-14 tendangan keras Jacob William Mahler dari luar kotak penalti masih dengan mudah diamankan kiper Persib Bandung , Kevin Rey Mendoza.

Ciro Alves mencoba untuk membawa Maung Bandung memimpin pada menit ke-21, tetapi pergeraknya harus dihentikan oleh salah satu pemain Madura United di dalam kotak penalti dan wasit tak menganggapnya sebagai pelanggaran. Ciro Alves kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa membawa Persib Bandung memimpin melalui serangan balik cepat pada menit 33. Sayangnya tendangan kaki kananya masih melambung tinggi dan membuat gawang Madura United tetap aman.

Lucas Henrique Frigeri dengan tenang berhasil menggagalkan tendangan Ciro Alves pada menit ke-40, setelah memanfaatkan umpan dari serngan balik yang dilakukan David Da Silva. Menjelang akhir babak pertama, Madura United bermain lebih menyerang tetapi Kevin Ray Menzo dengan sigap mengawal gawang Persib Bandung tetap aman.

Madura United tampil dominan di awal babak kedua, dengan Hugo Gomes Dos Santos Silva alias Jaja mendapatkan peluang perdana bagi Laskar Sapeh Kerrab di menit ke-54. Sayang, tembakan spekulasinya dari luar kotak penalti masih melambung di atas mistar gawang Kevin Mendoza.

Keasikan menyerang, gawang Madura United justru dibobol oleh Maung Bandung pada menit ke-60. Persib membuat kedudukan berubah 1-0 melalui sontekan David da Silva yang memanfaatkan bola muntah hasil sapuan kurang cermat Frigeri.

Ini merupakan gol ke-30 yang dikemas sang striker berkepala pelontos di musim ini. Dengan torehan tersebut, David da Silva dipastikan mendapat predikat top skorer di musim ini.

David da Silva hampir mengandakan keunggulan Persib Bandung pada menit ke-73 melalui serangan balik cepatnya. Namun penyelesain akhir yang terlalu terbuburu membuat tendangnya terlalu keras dan bola melambung tinggi.

Marc Klok dengan mudah menggandakan keunggulan Persib Bandung pasa menit ke-86. Gelandang Timnas Indonesia dengan tenang menyelesaikan umpan dari Ciro Alves yang melakukan akselerasi dari sisi kiri pertahan tin tuan rumah.

Ciro Alves kembali menjadi aktor terjadinya gol Persib Bandung. Umpan penyerang berusia 35 tahun itu dengan mudah di selesaikan Beckham Putra pada menit ke-90+2 yang berada di depan gawang Madura United.

Menjelang akhir babak kedua, Madura United mendapatkan kesempatm memperkecil kekalahan melalui tendangan penalti usai salah satu pemain Persib Bandung melalukan handbal. Selamat Nur Cahyo yang maju sebagai eksekutor melalukan tugasnya dengan baik.

Susunan Pemain Madura United vs Persib Bandung:

Madura United: Lucas Henrique Frigeri; Dodi Alexvan Djin, Cleberson Martins De Souza, Fachrudin Wahyudi Aryanto, Koko Ari Araya, Hugo Gomes Dos Santos Silva, Jacob William Mahler, Malik Risaldi, Francisco Israel Rivera Dvalos, Novan Setya Sasongko, Dalberto Luan Belo.

Pelatih: Rahmat Basuki.

Persib Bandung: Kevin Ray Mendoza; Muhammad Rezaldi Hehanusa, Nick Anna Maria Francois Kuipers, Alberto Rodrguez Martn, Henhen Herdiana, Rachmat Irianto, Dedi Kusnandar, Ciro Alves, Stefano Beltrame, Febri Hariyadi, David Da Silva.

Pelatih: Bojan Handok. (*)

Topik Menarik