5 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari, Nomor 4 Cocok bagi Penderita Insomnia

5 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari, Nomor 4 Cocok bagi Penderita Insomnia

Berita Utama | BuddyKu | Kamis, 16 Maret 2023 - 13:18
share

JAKARTA Manfaat makan pisang setiap hari menarik untuk dibahas. Sebab, buah ini memiliki segudang khasiat, mulai dari menjaga kesehatan tubuh hingga mengatasi gangguan tidur alias insomnia.

Menurut International Fresh Produce Association , pisang adalah buah yang dikonsumsi nomor satu di AS. Bahkan, masyarakatnya hingga saat ini lebih banyak membeli pisang ketimbang apel, jeruk, stroberi, dan buah lainnya.

Alasannya, selain murah, buah pisang juga termasuk buah yang mudah didapat di toko bahan makanan sepanjang tahun. Bahkan, pisang juga dianggap sebagai buah paling mudah dimakan jika sedang terburu-buru.

Umumnya, pisang juga bisa dijadikan sebagai pelengkap bagi yang gemar mengonsumsi oatmeal dan smoothie dengan mentega kacang untuk sandwich yang enak. Bisa juga digunakan untuk membuat muffin atau roti kacang pisang.

Lantas apa saja manfaat makan pisang setiap hari bagi tubuh? Berikut ulasannya sebagaima dirangkum dari laman Parade , Kamis (16/3/2023).

1. Menambah Energi Tubuh

Ahli diet Supriya Lal, RD, MPH, mengatakan bahwa pisang adalah sumber yang bagus untuk berbagai mineral, serat, dan vitamin, tetapi pisang sangat dikenal karena kandungan potasiumnya.

Memiliki cukup potasium dalam diet Anda sangat penting untuk fungsi otot dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Terutama jika seseorang sangat aktif, memiliki potasium yang cukup sangat penting untuk pemulihan otot dan pencegahan kram, katanya.

Supriya Lal menjelaskan bahwa jika seseorang tidak mendapatkan cukup potasium (yang tercatat 2.600 miligram untuk wanita dan 3.400 miligram untuk pria), kemungkinan besar mereka akan mengalami kelelahan dan kram otot.

Satu buah pisang mengandung 451 miligram potasium, jadi tidak sepenuhnya menutupi basis potasium Anda, tetapi ini tentu saja merupakan penurunan yang signifikan.

Bahkan, ahli diet yang juga pendiri VivaTotalHealth Allison Thibault, MS, RDN, LND, CND, mengatakan bahwa jika seseorang tidak terbiasa mengonsumsi banyak makanan dengan potasium dan mereka mulai makan pisang setiap hari, kemungkinan besar mereka akan mengalami lebih sedikit kelelahan.

Jika Anda menambahkan pisang ke dalam diet Anda dengan tujuan untuk merasa lebih berenergi, Thibault mengatakan bahwa penting untuk memadukannya dengan protein seperti mentega kacang, yogurt Yunani, atau telur.

2. Pencernaan Jadi Lebih Baik

Kalium bukan satu-satunya nutrisi yang terkandung dalam pisang. Supriya Lal mengatakan bahwa buah ini juga merupakan sumber serat yang baik, dengan masing-masing tiga gram.

Pisang adalah sumber serat yang kuat, yang benar-benar dapat membantu proses pencernaan. Serat membantu motilitas dan massa [tinja], yang berarti dapat membantu mendukung sistem pencernaan yang sehat, kata Lal.

Thibault mengatakan bahwa pisang tidak hanya memiliki serat, tetapi juga memiliki prebiotik, yang juga bermanfaat bagi usus. Prebiotik mendukung mikrobioma usus dalam hal integritas, keteraturan, dan kualitasnya, katanya, seraya menambahkan bahwa prebiotik memberi makan probiotik di usus sehingga mereka dapat hidup dan berkembang.

Jika Anda tidak terbiasa makan makanan kaya serat, menambahkan pisang ke dalam diet Anda dapat membantu mendukung usus Anda dengan cara ini dan Anda mungkin akan menyadari bahwa sistem pencernaan Anda berjalan lebih efisien.

3. Turunkan Berat Badan

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, memasukkan pisang ke dalam daftar makanaan sehat untuk diet merupakan pilihan yang tepat. Pisang dapat mendukung penurunan berat badan yang sehat jika dikombinasikan dengan protein, serat, dan lemak sehat secara tepat, kata Thibault.

Dia menjelaskan bahwa pisang mengandung pati resisten yang tinggi, yang mendukung gula darah yang sehat, mencegah lonjakan dan penurunan energi yang dapat menyebabkan penyimpanan lemak, mengidam, makan berlebihan, dan mengidam gula dan karbohidrat.

4. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Makan pisang setiap hari juga merupakan cara yang baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. Sebab nutrisi yang terkandung dalam pisang bermanfaat bagi kesehatan usus.

Pisang adalah sumber nutrisi yang bagus, termasuk potasium, magnesium, vitamin C, tembaga, vitamin B, dan antioksidan, kata Thibault.

Semua nutrisi ini mendukung sistem kekebalan tubuh, jadi memasukkan pisang ke dalam makanan Anda adalah cara kecil untuk membantu tubuh melindungi diri dari virus dan infeksi berbahaya.

5. Tidur Lebih Nyenyak

Para ahli diet tersebut juga sepakat bahwa karena pisang dapat membantu mencegah lonjakan dan penurunan gula darah, maka memasukkannya ke dalam makanan yang harus dikonsumsi setiap sangatlah tepat.

Ada juga beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa makan pisang di malam hari dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Bahkan cocok dikonsumsi bagi mereka yang selama ini memiliki gangguan sulit tidur atau insomdia.

Sebab, dalam kandungan magnesium dan triptofan di dalam pisang bisa membantu mengendurkan otot-otot yang tegang. "Magnesium membantu mengendurkan otot, yang berarti tidur lebih nyenyak," Dr. Christine Bishara, MD, sebelumnya mengatakan kepada Parade.

Banyak orang, terutama wanita, mengalami kram otot atau kaki gelisah di malam hari yang dapat mengganggu tidur. Kekurangan magnesium bisa menjadi penyebabnya. Sebuah pisang beberapa jam sebelum tidur dapat membantu," tambahnya.

Demikian penjelasan manfaat dari buah pisang. Namun demikian perlu diingat juga bahwa mengonsumsi apapun disarankan untuk tidak berlebihan. Bahkan para ahli merekomendasikan makan satu hingga dua buah pisang saja dalam sehari.

(hri)

Topik Menarik