Ditentang Keluarga karena Resign, Hendra Arifin Buktikan Sukses Bangun HokBen

Ditentang Keluarga karena Resign, Hendra Arifin Buktikan Sukses Bangun HokBen

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 21 Agustus 2022 - 15:50
share

Siapa sangka, Hokben yang dikira resto asal Jepang ternyata dimiliki dan dikelola oleh warga asli Indonesia, yaitu Hendra Arifin.

Pria ini punya perjalanan panjang sebelum akhirnya sukses dengan bisnis kuliner. Bahkan dia sempat ditentang keluarga karena resign sebagai pegawai PT Astra setelah 13 tahun bekerja.

Dilansir dari kanal YouTube Si Kutu Buku, Hokben dulunya dikenal dengan nama Hoka Hoka Bento. Brand itu diciptakan Hendra karena sebuah peluang yang ditangkapnya.

Dia terinspirasi dari nasi kotak di Jepang yang disebut bento. Bento itu menjadi makanan andalan para pegawai kantoran di Jepang lantaran praktis dan cepat saji.

Membaca peluang tersebut, Hendra pun akhirnya membuka Hoka Hoka Bento yang merupakan restoran khusus makan siang untuk take away atau dibungkus. Arti nama Hoka Hoka Bento sendiri adalah bekal yang masih hangat.

Restoran HokBen (Hokben.co.id)
Restoran HokBen (Hokben.co.id)

Pada perkembangannya, orang Indonesia ternyata lebih gemar makan di tempat dan duduk. Sehingga restoran yang berada di bawah PT Eka Bogainti itu akhirnya menambahkan layanan makan di tempat (dine-in) dan layanan pesan antar.

Resign demi riset

Saat pertama mendirikan Hoka Hoka Bento pada 1985, Hendra Arifin masih berstatus seorang pegawai di perusahaan multinasional PT Astra. Dia bahkan telah bekerja selama 13 tahun di perusahaan tersebut.

Namun karena keinginan untuk berkembang dan menekuni usaha kuliner di Hoka Hoka Bento, dia pun memilih resign.

Tentu saja itu bukan keputusan yang mudah. Dia bahkan sempat ditentang oleh pihak keluarga dan rekan kerjanya.

Belum lagi, bisnis Hoka Hoka Bento yang baru seumur jagung juga kerap diterpa masalah. Sehingga dirinya harus bekerja keras dan memulai semua dari awal.

Namun untungnya Hendra sosok yang gigih dan tak pantang menyerah. Dia bahkan totalitas bertolak ke negeri sakura Jepang untuk mempelajari dan membeli izin menggunakan merek dan asistensi teknik Hoka Hoka Bento dari Jepang.

Restoran HokBen (Wikipedia)
Restoran HokBen (Wikipedia)

Sehingga beberapa waktu berlalu, HokBen di Jepang sudah tidak ada lagi dan saat ini HokBen 100 persen produk Indonesia.

Restoran ini kian hari terus berkembang dengan membuka cabang di berbagai kota-kota besar di Pulau Jawa bahkan hingga ke Medan.

Pada 2013, Hoka Hoka Bento pun resmi berganti nama menjadi HokBen. Nama ini disingkat karena saran dari para konsumen yang menganggap nama ini lebih mudah disebut.

Konsep restoran yang tadinya berwarna hitam dan merah juga dibuat lebih energik dengan warna kuning dan putih. Dua maskot Hoka Hoka Bento yakni Tori dan Hanako masih dipertahankan.

Di tahun 2020, tepatnya pada 23 Oktober 2022, HokBen memperkenalkan konsep restoran baru yang diberi nama HokBen Kitchen.

HokBen Kitchen hanya melayani take away dan delivery order. HokBen Kitchen diharapkan dapat melayani pelanggan lebih cepat karena lebih mudah dijangkau dengan armada pengiriman online.

Hingga saat ini juga ada beberapa makanan favorit di HokBen yang masih dipertahankan sejak awal berdiri. Di antaranya teriyaki, chicken katsu, dan yakiniku.

Ada juga es merah delima yang legendaris tetapi sudah tidak dijual karena sulitnya menjaga kesegaran delima.

Cita rasa nasi putih dan mayonaise di HokBen juga menjadi pembeda Hoken dari restoran lain.

Artikel Menarik Lainnya

Topik Menarik