Terobosan dan Inovasi Pemrintah  Belu Kembali Meraih Sakip Award 2024

Terobosan dan Inovasi Pemrintah Belu Kembali Meraih Sakip Award 2024

Nasional | belu.inews.id | Rabu, 2 Oktober 2024 - 19:10
share

JAKARTA, iNewsBelu.id - Memiliki banyak inovasi dalam tatacara pelayanan pemerintahan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI.

SAKIP  adalah untuk memastikan bahwa manajemen kinerja terlaksana dengan baik, shg penganggaran keuangan dilaksanakan dengan benar dan tepat mulai dari 

Perencanaan, penganggaran, pelaporan dan evaluasi internal.  Kabupaten Belu juga telah mencapai  indikator makro  yg baik, dan Indeks Pembangunan Manusia yg mencakup beberapa hal yaitu : kemiskinan, pertumbuhan ekonomi dan pendapatan  perkapita.  


Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas mengatakan award ini bukan lomba, tetapi utk mengukur keterpaduan kinerja  pemerintahan daerah. Birokrasi yang berdampak, tidak mudah. 

Mudah diucapkan, tetapi susah dalam pelaksanaan. Tinggal Pemda mau atau tidak,  Ada beberapa raport kinerja : BPK, kemendagri, Sakip (kemenPAN RB). 

"Mari kita bersama - sama   memperbaiki tumpang tindih kebijakan, bertahap disisir untuk dijadikan kebijakan  yang sedikit dan mudah,"ungkapnya

 

Azwar juga menambahkan disamping 8 area perubahan, beberapa  hal yg merupakan dasar penilaian oleh PAN RB yaitu penanganan kemiskinan, tingkat pengangguran, belanja e kataloq produk dalam negeri, penanganan inflasi , indeks pembangunan manusia dan digitalisasi. Pemda diharopkan membuat aplikasi baru untuk menghilangkan aplikasi yang lama.

Anggaran bukan untuk dihabiskan tanpa tujuan, tapi harus berdampak bagi masyarakat. 
Capaian SAKIP trend nya positif di Indonesia.

Terimakasih Pemda Belu yg telah aktif memperbaiki manajemen kinerja dan memberikan  dampak kepada masyarakat.

Topik Menarik