PT Cemindo Gemilang di Demo Ikatan Mahasiswa Cilangkahan

PT Cemindo Gemilang di Demo Ikatan Mahasiswa Cilangkahan

Terkini | banten.inews.id | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 22:30
share

LEBAK, iNewsBanten - Ikatan Mahasiswa Cilangkahan Lakukan aksi unjuk rasa di akses F Pintu masuk pabrik semen PT Cemindo Gemilang yang berlokasi di desa Darmasari Kecamatan Bayah kabupaten Lebak Banten. Aksi unjuk rasa tersebut mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian, kegiatan aksi dilaksanakan dari jam 13.00 Wib, di pintu masuk PT Cemindo Gemilang.

 

Dalam aksi mahasiswa tersebut pihak PT Cemindo Gemilang dari pihak manajemen tak satupun yang turun menemui pendemo, sehingga masa aksi sempat membakar ban di depan pintu masuk, terlihat penjagaan begitu ketat yang dilakukan pihak kepolisian, dan juga pihak keamanan perusahaan PT Cemindo Gemilang, puluhan scurity berjaga mengamankan kawasan. Kamis, (17/10/2024).

 

Ketua Umum Coordinator Center Ikatan Mahasiswa Cilangkahan, Hendrik Arrizqy memaparkan bahwa aksi yang dilangsungkan terhadap PT. Cemindo Gemilang merupakan bentuk keseriusan pihaknya mengawal aspirasi terkait kerusakan lingkungan & ekosistem laut yang diakibatkan karena adanya aktivitas PT. Cemindo Gemilang serta berapa keresahan lainnya terhadap penyaluran dana CSR yang diduga tidak jelas, serta penyerapan tenaga kerja asing yg menjadi kabar buruk bagi masyarakat lebak selatan akhir-akhir ini.

 

Selain itu, Hendrik juga mengemukakan bahwa sebelumnya telah merencanakan aksi sekitar dua Minggu yang lalu tepatnya pada Rabu, 02 Oktober. Dikatakan Hendrik, Namun rencana awal tersebut sempat tertunda karena pihak PT melakukan komunikasi terhadap pihaknya agar persoalan tersebut dituntaskan melalui forum audiensi.

 

Hal tersebut tampak berbeda, ketika agenda yang seharusnya terjadwal malah disambut dengan respond tidak jelas, sampai saat ini komunikasi/pertemuan dengan pihak perusahaan tak pernah terjadi, ucapnya 

 

"Antusiasme aksi hari ini kami lakukan, tidak lain untuk menyuarakan berbagai tuntutan terhadap Cemindo Gemilang diantaranya mulai dari pencemaran lingkungan hidup, penyerapan tenaga kerja serta realisasi pengelolaan dana CSR yang diduga tidak jelas, serta lainnya. Pada dasarnya kesemuanya itu diindikasi bahwa perusahaan sengaja mengabaikan hal tersebut," ucap Hendrik. 

 

Lanjut Hendrik, mengenai aksi yang digagas pihaknya kali ini tidak menemui titik klimaks, dimana pihak perusahan sama sekali tak mempunyai itikad baik untuk sekedar menemui dan duduk bersama. 

 

Dikatakan Hendrik Selanjutnya IMC akan membawa persoalan serta melayangkan surat kepada KLHK, Disnakertrans, maupun Forum CSR, Supaya melakukan evaluasi dan pemecatan terhadap pihak-pihak yang diduga bermasalah pada ranah PT. Cemindo Gemilang akibat kelalaian dan sikap tak acuh yang terjadi. 

 

Sementara itu pihak manajemen PT Cemindo Gemilang saat dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp dan diminta tanggapannya terkait aksi imc tersebut sampai berita ini tayang tak satupun yang membalas nya.

Topik Menarik