Forum Transparansi Pilkada Subang Laporkan Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN Camat Ciasem

Forum Transparansi Pilkada Subang Laporkan Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN Camat Ciasem

Terkini | bandungraya.inews.id | Kamis, 17 Oktober 2024 - 10:50
share

SUBANG, iNewsBandungRaya.id - Forum Transparansi Pilkada Subang melaporkan dugaan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diduga dilakukan Camat Caisem. Dugaan itu muncul setelah beredar foto Camat Ciasem bersama tim sukses paslon Bupati-Wakil Bupati Subang sambil jari menunjuk angka 1.

Dalam foto tersebut, Camat Ciasem tidak menunjukkan jari ke simbol mana pun. Namun camat berfoto dengan tim sukses yang menunjukkan jari sebagai dukungan kepada pasangan calon nomor urut 1. Sehingga publik menilai camat berpihak kepada salah satu pasangan calon. 

Foto itu menimbulkan berbagai reaksi di masyarakat, terutama pendukung paslon nomor urut 2 dan 3, termasuk beberapa organisasi  kemasyarakatan (ormas) di Kabupaten Subang. 

Sekretaris LSM Gibas Cinta Damai Resort Subang/anggota Forum Transparansi Pilkada Subang Yogi mengatakan, Ketua Forum Transparansi Pilkada Subang Irwan Yustiarta melaporkan dugaan pelanggaran netralitas ASN itu ke Bawaslu Subang pada Rabu 16 Oktober 2024, sekitar pukul 14.00 WIB.

"Subjek terlapor Eza Zhaithon Thowi (Camat Ciasem) yang berfoto dengan anggota tim sukses pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Subang Nomor Urut 1 (H Ruhimat-Aceng Kudus) dengan pose 1 jari," kata Yogi.

 

Yogi menyatakan, Bawaslu, KPU, dan Forum Transparansi Pilkada Subang telah mengingatkan kepada para camat, kepala desa, perangkat desa, dan semua ASN dalam setiap sosialisasi Pilkada Subang terutama selama tahapan kampanye, untuk memahami dan peka dalam bergaul dengan tim sukses pasangan calon. 

"Seperti berfoto, jangan menunjukkan gestur tubuh, yang disadari atau tidak disadari dianggap sebagai keberpihakan kepada salah satu peserta Pilkada Subang," ujar Yogi. 

"Seharusnya Camat menyadari untuk tegas meminta fotonya dihapus di media sosial. Namun, hingga foto tersebut viral, camat tidak meminta fotonya dihapus," tuturnya. 

Yogi mengatakan, Forum Transparansi Pilkada Subang akan terus mengingatkan kepada seluruh ASN, TNI dan Polri menjunjung netralitas dalam Pilkada Subang 2024. 

"Kami mendorong Bawaslu Subang meningkatkan pengawasan dan bertindak tegas terhadap segala pelanggaran Pilkada Subang 2024, demi menjaga kondusivitas dan menjunjung tinggi pemilihan yang langsung umum bebas rahasia jujur dan adil (Luberjurdil)," ucap Yogi.

 

Yogi menegaskan, Gakkumdu harus segera memeriksa Camat Ciasem untuk klarifikasi maksud dan tujuannya berfoto dengan timses paslon.

Topik Menarik