Jelajahi Taman Bunga Lavender Isparta, Surga Alam dan Sejarah di Turki

Jelajahi Taman Bunga Lavender Isparta, Surga Alam dan Sejarah di Turki

Gaya Hidup | bandungraya.inews.id | Selasa, 2 Juli 2024 - 14:30
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Isparta, Turki yang dikenal sebagai taman bunga, menjadi salah satu tujuan ekowisata populer dalam beberapa tahun terakhir. Destinasi ekowisata itu dikunjungi ribuan wisatawan setiap tahun.

Mereka mengagumi surga taman mawar dan ladang lavender ungu di area tersebut. Aroma bunga yang manis dan keajaiban alam menakjubkan menjadikan Isparta tempat yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Turki. 

Di Isparta, Anda bisa melakukan beragam aktivitas olahraga, mencicipi masakan mewah nan lezat, dan menikmati taman bunga yang indah. 

Selain itu, di perbatasan Isparta, terdapat Distrik Danau Turki yang masuk dalam  daftar “50 Tempat Terbaik untuk Berwisata di 2023”.

Negeri Mawar dan Lavender


Kuyucak Village Lavender Gardens. (FOTO: ISTIMEWA)
 
Isparta, pusat mawar di Turki memiliki kapasitas untuk menghasilkan 65 persen minyak mawar dunia. Produk makanan lezat seperti manisan dan selai mawar, juga dihasilkan dari mawar-mawar di daerah ini dan diproses secara modern.

Berbagai produk kosmetik, seperti air mawar, minyak mawar, parfum, dan krim mawar juga diproduksi. Panen mawar tahunan, yang berlangsung pada akhir Mei dan Juni, dirayakan oleh warga dan pengunjung.

 

Selain panen bunga mawar yang melimpah, Isparta kini terkenal dengan produksi lavender. Saat ini, kebun lavender di desa Kuyucak, di distrik Keçiborlu, Isparta, menyumbang 90 persen dari produksi lavender di Turki. 

Setelah dipanen, lavender basah dan kering diproses setelah menjadi krim, sabun, minyak, minyak wangi, dan produk lainnya. Setelah panen mawar, panen lavender dimulai dari akhir Juli hingga pertengahan Agustus.

Bintang Terang di Danau

Pesona Isparta tidak hanya terbatas taman mawar dan lavender melimpah, tetapi juga meliputi sebagian besar kawasan danau di Basin Mediterania yang memiliki beberapa danau. 

Selama perjalanan ke Isparta, Anda dapat mengunjungi Egirdir, danau terbesar di wilayah ini, dan Kovada, terletak di taman nasional. Di distrik Egirdir, terdapat kota “CittaSlow” yang berada di tepi Danau Egirdir.

Kawasan ini merupakan keajaiban alam indah yang dikelilingi oleh kebun apel terkenal di distrik tersebut. Anda dapat berjalan kaki atau bersepeda mengelilingi danau, menikmati wisata perahu, dan menyantap ikan segar di restoran tepi danau. 

Ada dua pulau di Danau Egirdir, yaitu, Pulau Can yang relatif sepi dan sering digunakan untuk berkemah serta piknik. Di Pulau Yesil terdapat desa dengan rumah-rumah kayu dan jalan-jalan sempit, terkenal dengan Gereja Aya Stefanos, yang merupakan situs Kristen terkemuka. 

Selain Danau Egirdir, distrik ini juga memiliki Kastil Egirdir, yang berasal dari zaman Romawi Timur, dan Masjid Hizirbey yang berusia 800 tahun. 

 

Kovada menawarkan pemandangan indah dengan flora dan faunanya yang unik, dan taman nasional di sekitar danau yang merupakan destinasi favorit untuk fotografi alam, observasi satwa liar, penggemar hiking, dan berkemah.

Petualangan Trekking di Situs Bersejarah


Situs bersejarah Isparta Adada Ancient City. (FOTO: ISTIMEWA)

Kawasan danau ini memiliki beberapa kota kuno, dan jalur pendakian menawarkan cara menyenangkan untuk mengunjungi situs-situs bersejarah. Jalur Saint Paul dan Pisidia melintasi situs-situs arkeologi di Provinsi Isparta, dengan Jalur Saint Paul, salah satu rute pendakian terpanjang di Turki. 

Dimulai dari Perge di Antalya dan melewati Canyon Yazili di Desa Çandir, Isparta. Canyon Yazili merupakan gudang oksigen yang secara historis memiliki nilai sejarah penting karena kuil dan prasasti batunya.

Panjat tebing di Canyon Yazili juga sangat populer, begitu pula pengalaman seperti arung jeram di Sungai Göksu. Jalur Saint Paul juga melewati kota kuno Adada dan distrik E?irdir dan Yalvaç, berakhir di kota kuno Pisidia Antiocheia.

Setelah mengunjungi situs-situs suci seperti Kuil Trajan dan Kaisar-kaisar serta kuil Zeus Megistos-Serapis di Adada, Anda dapat melihat struktur bangunan mengesankan seperti Kuil Augustus, Pemandian Romawi, dan Air Mancur Monumental di Pisidia Antiocheia, yang terletak di dekat kota Yalvaç, anggota lain dari jaringan CittaSlow. 

Antiocheia, tempat Santo Paulus menyampaikan khutbah pertama, juga terkenal dengan gereja yang didedikasikan untuk santo tersebut. Temuan dari kota kuno ini dipamerkan di Museum Yalvaç. 

Selain itu, saat berada di Yalvaç, Anda dapat mencicipi hidangan tradisional lokal seperti Yalvaç hamursuzu, yang dibuat dengan mentega, tahini, dan kentang tumbuk, serta Yalvaç güllaci yang diolah dengan sejenis keju tertentu.

 

Pisidia, jalur pendakian menarik lainnya yang terdapat di wilayah ini, menawarkan kesempatan untuk mengunjungi kota-kota kuno Adada dan Antiocheia kuno di Isparta serta kota-kota di sekitarnya. 

Beberapa situs paling mencolok di rute ini termasuk Kota Kuno Sagalassos. Di distrik A?lasun Burdur, Sagalassos memiliki Air Mancur Antonine yang berusia 1.800 tahun. 

Ngarai Köprülü di Antalya juga patut untuk dikunjungi, begitu pula Selge, yang berada dalam perbatasan Taman Nasional dan Termessos, salah satu kota kuno yang paling terpelihara di Turki.

Topik Menarik