Setelah 8 Hari Pencarian, Pendaki Gunung Rinjani yang Jatuh ke Jurang Ditemukan Meninggal

Setelah 8 Hari Pencarian, Pendaki Gunung Rinjani yang Jatuh ke Jurang Ditemukan Meninggal

Berita Utama | tuban.inews.id | Selasa, 8 Oktober 2024 - 14:00
share

SELONG, iNewsTuban.id - Pendaki asal Jakarta Kaifat Rafi Mubarok (16) yang dilaporkan hilang saat mendaki Gunung Rinjani akhirnya ditemukan, Selasa (8/10/2024). Korban ditemukan dalam kondisi sudah meninggal setelah 8 hari operasi pencarian.

 

Kepala Kantor SAR Mataram Lalu Wahyu Efendi mengatakan, korban jatuh ke jurang sejak Minggu (29/9/2024). Jenazah korban terdeteksi drone thermal pada kedalaman ratusan meter dari lokasi kejadian pada Selasa (8/10/2024) pukul 10.30 WITA.

 

“Ratusan meter dari lokasi yang ditentukan oleh saksi mata yaitu teman korban,” ujarnya, Selasa (8/10/2024).

 

Menurutnya setelah jasad korban ditemukan, fokus utama saat ini melakukan evakuasi. Proses evakuasi ini membutuhkan waktu yang cukup lama, mengingat medan sangat terjal dengan kondisi cuaca tidak menentu.

 

“Tentunya harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang untuk memastikan proses evakuasi berjalan lancar dan aman,” katanya.

 

Sebelumnya, pencarian terhadap korban telah diperpanjang tiga hari setelah upaya pencarian selama seminggu tidak membuahkan hasil. Tim SAR gabungan terus berupaya maksimal dengan mengerahkan berbagai peralatan, termasuk drone thermal dalam mempercepat proses pencarian hingga akhirnya korban ditemukan.

 

Korban diketahui mendaki Gunung Rinjani bersama 12 rekannya pada Sabtu 28 September lalu. Korban dan Muhammad Afifah Reza terpisah dari rombongan karena salah jalur hingga terperosok ke jurang punggung Pelawangan pada 29 September.

 

Reza yang berpegangan pada kayu dilaporkan selamat. Sementara korban sempat berpegangan pada batu namun terlepas hingga dilaporkan hilang.

Topik Menarik