Tiga Pabrik Raih Penghargaan Good Mining Practice, SBI Buktikan Strategi Praktik Baik Pertambangan

Tiga Pabrik Raih Penghargaan Good Mining Practice, SBI Buktikan Strategi Praktik Baik Pertambangan

Terkini | tuban.inews.id | Jum'at, 27 September 2024 - 07:10
share

Jakarta, iNewsTuban.id – PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI), anak usaha dari PT Semen Indonesia Tbk (SIG), kembali meraih penghargaan prestisius di sektor pertambangan. Tiga pabrik SBI memperoleh Penghargaan Good Mining Practice dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia. Pabrik-pabrik tersebut berlokasi di Narogong (Jawa Barat), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), yang dioperasikan oleh anak usaha SBI, PT Solusi Bangun Andalas (SBA).

 

Penghargaan Good Mining Practice diberikan sebagai pengakuan atas komitmen industri dalam menerapkan praktik pertambangan yang baik dengan standar operasional tinggi, serta menjaga keselamatan kerja, kesehatan, dan kelestarian lingkungan.

 

Pabrik SBI di Tuban menerima penghargaan Pratama dalam kategori Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral & Batubara dan penghargaan Utama dalam kategori Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Mineral & Batubara. 

 

Sementara itu, Pabrik Narogong meraih penghargaan Pratama dalam kategori Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral & Batubara, serta diakui dalam kategori Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral & Batubara. Sedangkan SBA memperoleh penghargaan Pratama dalam kategori Konservasi Pertambangan Mineral & Batubara.

 


Aktivitas reklamasi area tambang di pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk.
 

Direktur Utama SBI, Asri Mukhtar, menyatakan bahwa capaian ini merupakan pengakuan atas komitmen SBI dalam menerapkan operasional pertambangan yang baik dan berkelanjutan. 

 

“Penghargaan ini membuktikan bahwa strategi kami dalam menerapkan praktik pertambangan yang baik berjalan on-track dan memberikan dampak positif. Kami tidak hanya fokus pada aspek operasional, tetapi juga berkomitmen untuk menjaga keseimbangan lingkungan,” ujar Asri Mukhtar.

 

SBI terus memperkuat penerapan praktik pertambangan yang baik melalui berbagai inovasi dan inisiatif. Pabrik Tuban, yang menerima penghargaan di tingkat Pratama dan Utama, menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan untuk mencegah kecelakaan kerja, reklamasi, pengurangan emisi, serta penilaian risiko kesehatan operasional. 

 

Pabrik Narogong memanfaatkan teknologi moderen untuk pemetaan dan pengelolaan tambang, serta menjalankan reklamasi berkelanjutan dalam pengelolaan lingkungan. SBA, di bidang konservasi, menerapkan teknik optimalisasi pemanfaatan batu gamping dan tanah liat melalui pendekatan yang terukur dan efektif.

 


Aktivitas reklamasi area tambang di pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk.
Topik Menarik