MotoGP Mandalika Berkontribusi terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Sandiaga Uno: Event Ini Layak Dilanjutkan

MotoGP Mandalika Berkontribusi terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Sandiaga Uno: Event Ini Layak Dilanjutkan

Travel | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 22:05
share

LOMBOK TENGAH, iNews.id - Perhelatan MotoGP Mandalika diharapkan dapat berdampak pada perekonomian masyarakat. Dalam mendukung event internasional tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mempersiapkan fasilitas di Mandalika secara maksimal.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika mendatangkan keuntungan tersendiri terhadap perekonomian masyarakat. Dua gelaran MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Pertamina Mandalika memberi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

Terkait itu, Sandiaga Uno mengatakan, pemerintah melalui  BUMN dan Dorna dan Injourney berkomitmen melanjutkan gelaran MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika. Selain itu, dampak positif dari gelaran MotoGP adalah terbukanya lapangan pekerjaan yang mencapai angka 2.000 pekerja.

"Tahun sebelumnya kita total pendapatan mencapai sekitar Rp8 triliun lebih dan tahun lalu pertumbuhan ekonomi kita mencapai sekitar 1 persen berarti MotoGP ini merupakan event yang layak dilanjutkan dari segi skala ekonomi," ujar Sandiaga Uno Jumat (27/9/2024).

Sandiaga Uno berada di Sirkuit Mandalika untuk melihat langsung progres pelaksanaan balap motor bergengsi kelas dunia itu. Menurutnya, secara umum pelaksanaan berlangsung baik di tambah dengan kondisi fasilitas di sirkuit.

"Secara umum Alhamdulillah berlangsung lancar dan baik pembalap maupun pemilik Dorna menyatakan puas," katanya.

Dia juga mengapresiasi kerja media yang ikut serta mengawal informasi positif terkait perkembangan Sirkuit Pertamina Mandalika. Meski begitu, dia juga tetap terbuka untuk menerima masukan dari berbagai pihak. "Terima kasih kepada media yang ikut serta menyukseskan terselenggaranya MotoGP ini. Karena ini bukan kerja-kerja sendiri tapi hasil kerja semua pihak baik media maupun masyarakat," katanya.

Topik Menarik