Resep Donat Kentang Kampung Dibuat Tanpa Mikser, Tekstur Lembut Bikin Nagih

Resep Donat Kentang Kampung Dibuat Tanpa Mikser, Tekstur Lembut Bikin Nagih

Travel | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 17:54
share

JAKARTA, iNews.id - Resep donat kentang sangat mudah dibuat untuk disajikan kepada anggota keluarga. Donat merupakan makanan manis berbentuk lingkaran dengan lubang di tengahnya.

Donat terbuat dari adonan tepung yang digoreng atau dipanggang, dan sering kali dilapisi gula, cokelat, atau krim. Ada berbagai variasi donat, termasuk donat isi yang diisi dengan selai, krim, atau cokelat.

Donat dikenal karena teksturnya yang lembut dan rasa yang manis, menjadikannya camilan populer di banyak negara. Selain itu, donat juga sering dihias dengan berbagai topping seperti sprinkle, kacang, atau buah-buahan, membuatnya semakin menarik untuk dinikmati. 

Bagi penggemar camilan donat, Anda bisa membuat sendiri di rumah dengan resep pilihan. Kali ini, Anda bisa membuat donat dengan bahan dasar kentang. 

"Karena udah jarang banget nemuin tukang donut kentang kampung keliling yang pake gula halus/meses coklat gini, jadi deh kita bikin aja," kata Chef Martin dikutip melalui Instagram-nya, Jumat (27/9/2024).

Chef Martin mengatakan, donat kentang bisa tahan lama jika disimpan di freezer. Namun, donat harus digoreng dulu setengah matang. "Digoreng dulu setngah mateng, tapi gak disaranin buat difrozeen," kata Chef Martin.

Penasaran ingin tahu bagaimana resep dan cara membuat donat kampung yang lembut? Berikut ulasannya. 

Resep Donat Kentang Kampung

1 butir telur
3 sdm gula pasir
130 ml susu cair
1 1/2 sdt ragi instan
100 gr kentang rebus (haluskan)

Bahan kering:

250 gr tepung terigu
2 sdm susu bubuk
1/4 sdt garam
1 sdm margarin
Gula halus

Cara Membuat:

1. Campurkan telur kocok, gula pasir, susu cair dan ragi instan. Diamkan selama 15 menit sampai ragi aktif. Masukkan kentang yang sudah dihaluskan, tambahkan bahan kering.
2. Uleni sampai kalis. Diamkan selama 1 jam. Bagi adonan menjadi 50 gr, bentuk bulat beri alas baking paper. Diamkan kembali selama 20 menit.
3. Beri bolong atau langsung goreng dalam minyak hangat, goreng donat hingga matang. Tambahkan gula halus, kocok. Sajikan donat.

Itulah seputar resep donat kentang kampung yang lembut. Cara membuatnya mudah dan teksturnya halus. Selamat mencoba!

Topik Menarik