Sandiaga Uno Apresiasi Festival Kota Lama Semarang, Produk Ekraf Jadi Daya Tarik Wisman 

Sandiaga Uno Apresiasi Festival Kota Lama Semarang, Produk Ekraf Jadi Daya Tarik Wisman 

Travel | inews | Kamis, 12 September 2024 - 23:32
share

SEMARANG, iNews.id - Keindahan pemandangan alam di Semarang sangat menarik untuk dijelajahi. Selain ada pemandangan, Semarang juga dikenal sebagai kota yang menyimpan sejarah dan budaya.

Keunikan Kota Semarang juga bisa dilihat di  gelaran Festival Kota Lama Semarang. Festival ini mengangkat tema Heritage in Diversity.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno  mengapresiasi gelaran Festival Kota Lama Semarang yang mengangkat tema Heritage in Diversity. Festival kota lama ini menyuguhkan beragam pertunjukan seni dan budaya nusantara.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat mengunjungi Pikat Wastra Nusantara dalam rangkaian Festival Kota Lama di Gedung Outdetrap kawasan Kota Lama Semarang, Kamis (12/9/2024). Tahun ini Festival Kota Lama untuk ke-13 kalinya kembali digelar dan terpilih menjadi event terbaik nusantara dalam Karisma Event Nusantara KEN 2024.

Pikat Wastra Kota Lama ini menghadirkan peragaan busana atau fashion show dari 8 desainer ternama indonesia. Tak hanya itu, terdapat pula pameran UMKM dan IKM fashion yang menampilkan beragam produk nusantara.

Dalam gelaran ini, Sandiaga Uno melihat produk ekraf menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Terlebih dengan tema Heritage in Diversity dalam Festival Kota Lama menjadi momentum menghargai sejarah dan keberagaman Kota Semarang.

"Kita lihat produk ekonomi kreatif menjadi daya tarik wisatawan mancanegara karena dikemas dengan semangat heritage, menghargai sejarah kita dan keberagaman kita," ujar Sandiaga Uno.

Menparekraf berharap Festival Kota Lama Semarang dapat meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara lewat keunikan Kota Lama Semarang dengan kawasan cagar budaya yang kokoh dan menarik. Maka itu, Sandiaga Uno mendorong setiap kota memiliki daya tarik festival yang berkelas dunia.

Selain menghadiri workshop kabupaten Kota Kreatif, Kata Kreatif, di Taman Budaya Raden Saleh, dalam kunjungannya ke Kota Semarang, Sandiaga Uno juga meluncurkan Program Beli Kreatif Desa Wisata (Beti Dewi) 2024 di Kampung Djadhoel Semarang. Program ini merupakan salah satu upaya dalam mendorong target 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara.

Topik Menarik