Sandiaga Sebut Informasi Publik yang Transparan Bisa Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Sandiaga Sebut Informasi Publik yang Transparan Bisa Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Travel | inews | Rabu, 11 September 2024 - 23:10
share

JAKARTA, iNews.id - Undang-Undang keterbukaan informasi publik memiliki keterkaitan dalam mendatangkan wisatawan. Hal itu karena, wisatawan butuh informasi yang tepat saat melakukan perjalanan wisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini paling sensitif. Untuk itu, perlu adanya keterbukaan informasi publik sehingga masyarakat mendapatkan informasi sesuai kebutuhan.

Begitu ada berita yang tidak terbuka kepada publik ini akan menimbulkan tanda tanya dan akhirnya orang bisa urung berwisata karena tidak memiliki informasi yang full, ujar Sandiaga Uno dalam sambutannya di Forum Keterbukaan Informasi Publik Kemenparekraf 2024 yang digelar Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Rabu (11/9/2024).

Di dunia pariwisata dan ekonomi kreatif ini, informasi publik yang transparansi dapat meningkatkan kunjungan wisatawan Indonesia. Para wisatawan juga bisa berwisata dengan aman.

Sementara kita ingin mereka berwisata secara aman, nyaman dan menyenangkan. Oleh karena itu kita ingin agar keterbukaan informasi publik menjadi esensi dan harus diperjuangkan, tuturnya.

Mendukung informasi publik yang transparan. Siapa saja bisa mengakses layanan publik ini. "Kami memang punya informasi publik ini 24/7, katanya.

Kemenparekraf telah memiliki proyek dalam menghadapi krisis yaitu SuReBro (surveillance, response and broadcast) merupakan sistem terpadu sekitar parekraf nasional terkait manajemen komunikasi krisis kepariwisataan.

Melalui sistem ini, tidak ada hal yang ditutup-tutupi sehingga membuat posisi Kemenparekraf menjadi institusi yang informatif.

Kedua, Kemenparekraf juga memiliki informasi yang berbasis data yaitu iTourism yang merupakan informasi satu data yang terintegrasi dalam memberikan informasi mengenai wisata.

Topik Menarik