Sandiaga Uno Sebut Desa Wisata Jadi Penolong Pariwisata: Pengunjungnya Makin Banyak!

Sandiaga Uno Sebut Desa Wisata Jadi Penolong Pariwisata: Pengunjungnya Makin Banyak!

Travel | inews | Selasa, 10 September 2024 - 22:12
share

JAKARTA, iNews.id - Desa wisata di Indonesia memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Maka itu, desa wisata di Indonesia harus didukung agar makin berkembang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, ada banyak potensi desa wisata yang bisa diandalkan. Untuk itu, hal ini perlu didorong pemerintah agar desa wisata di Indonesia berpeluang menjadi penggerak pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sandiaga mengatakan, minat wisatawan berkunjung ke desa wisata di Indonesia pun kian meningkat, bahkan pasca pandemi Covid-19. Dia mengatakan setiap tahun angka kunjungan terus bertambah bahkan mencapai 20 persen.

Angka yang kita pegang sekitar 30 persen saat pandemi, dan setelah pandemi terus meningkat sepanjang tahun sekitar 20 persen, ujar Sandiaga, Selasa (10/9/2024).

Sandiaga mengatakan, desa wisata menjadi salah satu penolong pariwisata khususnya di masa pandemi Covid-19 lalu. Destinasi ini terus bergerak dan diminati hingga berpotensi menjadi pariwisata unggulan di Indonesia.

Salah satu contoh desa wisata yang merasakan dampak dari meningkatkan kunjungan ini ialah Desa Wisata Penglipuran, Bali. Sandiaga mengungkap kunjungan desa wisata tersebut kini bisa mencapai 2.500-3.000 wisatawan per hari setelah tersentuh oleh Kemenparekraf.

Sebelum tersentuh oleh kegiatan kita, kunjungannya sekitar 700-800, sekarang mencapai 2.500-3.000 (per hari). Tapi. menariknya kalau dibuka terus bisa mencapai 9.000 (per hari), kata Sandiaga.

Potensi pariwisata dari desa wisata di Indonesia ini pun diharapkan bisa selalu terjamah sehingga terus berdampak baik dan berpotensi menggerakkan perekonomian. Sandiaga berharap program Kampanye Sadar Wisata (KSW) ini terus berlanjut demi memasarkan pariwisata Tanah Air termasuk desa wisata.

"Mimpi saya 10 desa wisata yang hadir hari ini bisa naik di tingkat regional," katanya.

Topik Menarik