5 Pesona Desa Sembalun di Lombok Harus Dikunjungi Sebelum Ramai, Sunrisenya Cantik!

5 Pesona Desa Sembalun di Lombok Harus Dikunjungi Sebelum Ramai, Sunrisenya Cantik!

Travel | inews | Senin, 9 September 2024 - 22:56
share

JAKARTA, iNews.id - Lombok Timur memiliki banyak destinasi wisata menakjubkan untuk dijelajahi. Bahkan, salah satu desa di Lombok Timur berhasil menyandang predikat sebagai World Best Halal Honeymoon Destination. 

Desa tersebut adalah Sembalun. Predikat itu berhasil diraih lewat ajang International Travel Week Abu Dhabi pada 2016 lalu. Desa Sembalun merupakan desa yang terletak di kaki gunung Rinjani di kecamatan Sembalun-Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa ini merupakan jalur utama untuk pendakian ke Gunung Rinjani yang di kelilingi oleh bukit-bukit yang indah dan memiliki banyak objek wisata alam, agro, dan budaya untuk dikunjungi.

Desa yang terletak di kaki Gunung Rinjani ini menyimpan sejuta pesona yang tidak terelakkan oleh wisatawan yang berkunjung. Pesona desa Sembalun Lombok terletak pada alamnya yang indah, meskipun juga ada wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi.

Lantas, destinasi apa saja yang ada di Sembalun harus dikunjungi minimal sekali seumur hidup? Berikut ulasannya.

1. Desa Adat Belek Suku Sasak

Pada desa adat ini terdapat rumah tradisional suku Sasak, yaitu suku asli dari Nusa Tenggara Barat. Rumah tersebut adalah rumah yang pertama didirikan dan tertua di desa Sembalun, maka dari itu dinamakan desa belek artinya desa besar. Keunikannya adalah, rumahnya berjumlah tujuh, dengan tujuh tangga masuk ke dalam, dan tujuh Para yaitu, tempat penyimpanan barang-barang. Di desa Belek selain terdapat tujuh rumah adat ada dua lumbung yang berfungsi untuk menyimpan hasil panen. Sangat menarik untuk dikunjungi, karena selain melihat keunikannya Anda bisa belajar sejarah dan cerita di balik rumah desa Belek.

2. Rumah Tenun Sembalun

Ternyata pesona Desa Sembalun tidak hanya pada wisata alamnya saja, tapi juga ada wisata budaya. Ada rumah tenun yang dimiliki Desa Sembalun, yang bisa dijadikan wisata budaya oleh pengunjung. Di tempat tersebut Anda bisa melihat langsung dan mencoba menenun kain khas Lombok. Para wanita di Lombok, harus bisa menenun sebelum diizinkan menikah, jadi kain tenun tetap lestari di sana. Anda juga bisa membeli kain dari hasil tenun Desa Sembalun.

3. Bukit Siswa untuk Paralayang

Di Desa Sembalun juga ada bukit untuk melakukan paralayang, yaitu bukit Siswa Paralayang. Dari bukit ini Anda bisa melihat langsung pemandangan Gunung Rinjani yang tersohor itu. Melakukan paralayang sambil menikmati pemandangan perbukitan dan Gunung Rinjani yang tak terlupakan. Desa Sembalun sebagai pintu masuk ke Gunung Rinjani, memang terkenal dengan perbukitannya yang menawan.

4. Bukit Selong Spot Melihat Sunrise

Bukit Selong adalah salah satu bukit yang ada di Desa Sembalun yang dijadikan spot melihat sunrise. Selain melihat indahnya sunrise, Anda juga bisa melihat salah satu pesona yang terkenal di Desa Sembalun yaitu, hamparan sawah warna-warni. Pemandangan sawah yang tertata rapi dengan latar belakang perbukitan, membuat kagum yang melihat.

5. Kebun Stoberi Desa Sembalun

Dari salah satu hamparan sawah warna-warni indah yang ada di Desa Sembalun, terdapat kebun stroberi yang luas. Kebun tersebut dijadikan wisata petik buah, sehingga pengunjung bisa memetik sendiri buah stroberi di sana. Anda juga bisa langsung memakannya di tempat, rasa buah yang asam-asam nikmat, akan membuat ketagihan.

Topik Menarik