Pimpin Upacara HUT Ke-79 RI di Kemenparekraf, Sandiaga Uno Pakai Busana Adat Kaltim

Pimpin Upacara HUT Ke-79 RI di Kemenparekraf, Sandiaga Uno Pakai Busana Adat Kaltim

Travel | inews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 09:26
share

JAKARTA, iNews.id - Dalam menyambut HUT ke-79 RI, upacara bendera dilakukan di berbagai daerah. Salah satunya di kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kemenparekraf menggelar upacara HUT RI yang jatuh pada 17 Agustus 2024 di lapangan Kemenparekraf, Jakarta Pusat. Upacara dimulai pada pukul 07.00 WIB, dipimpin langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Sandiaga Uno tampil gagah dalam balutan busana adat khas Kalimantan Timur, khas suku Dayak. Sandiaga tampak mengenakan rompi berwarna coklat nan khas serta penutup kepala berupa topi bulu burung ruai yang indah.  

Sandiaga menyebut, dia memilih mengenakan baju adat Kalimantan Timur sebagai bentuk apresiasi perayaan perdana HUT RI yang dipusatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

“Sekaligus melambangkan selebrasi kita untuk ulang tahun Republik Indonesia pertama yang dipusatkan di IKN. Ini menjadi bentuk apresiasi,” kata Sandiaga Uno.

Sementara itu, peserta upacara yang merupakan karyawan dari Kemenparekraf juga mengenakan baju adat dari Sabang sampai Merauke.

Momen upacara HUT Ke-79 RI itu juga turut dihadiri oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo.

Penampilan Angela juga tampak tak kalah mencuri perhatian, karena tampil anggun dengan kebaya Kutubaru full payet berwarna biru yang dipadukan dengan kain batik dengan perpaduan warna coklat dan biru muda. 

Rangkaian acara diawali pengibaran bendera merah putih diiringi lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, pembacaan pembukaan UUD 1945 hingga penyematan tanda kehormatan Satyalencana Kepariwisataan dan penyematan tanda kehormatan Satyalencana Karyasatya.

Topik Menarik