5 Makanan Nusantara Sering Muncul di Hari Kemerdekaan, Nomor 4 Jadi Penolak Bala

5 Makanan Nusantara Sering Muncul di Hari Kemerdekaan, Nomor 4 Jadi Penolak Bala

Travel | inews | Rabu, 14 Agustus 2024 - 22:04
share

JAKARTA, iNews.id - Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia sangat dinanti oleh masyarakat. Di momen ini tidak hanya identik dengan dekorasi serba merah putih dan lomba yang meriah.

Anda juga bisa merayakan HUT Ke-79 RI dengan menyajikan dan menyantap makanan khas yang kerap hadir di Hari Kemerdekaan.

Lantas, makanan khas apa saja yang kerap hadir di momen Kemerdekaan Indonesia? Berikut di antaranya, dirangkum pada Rabu (14/8/2024).

1. Nasi Tumpeng

Tumpeng merupakan hidangan khas yang biasanya dihadirkan dalam acara perayaan istimewa, termasuk HUT RI. Nasi kuning yang dibuat menjadi tumpeng dalam perayaan HUT-RI memiliki makna simbolis sebagai wujud rasa syukur atas hari kelahiran kemerdekaan Indonesia. Selain menjadi bagian penting dalam perayaan syukuran, tumpeng juga sering dijadikan sebagai objek lomba, seperti lomba menghias tumpeng.

2. Kerupuk

Siapa yang nggak suka kerupuk? Makanan ini merupakan makanan primadona orang Indonesia. Kerupuk putih yang digoreng dengan minyak goreng panas bisa menjadi pilihan sajian ketika kemerdekaan. Tidak hanya bisa digunakan sebagai suguhan camilan, kerupuk bisa juga digunakan untuk lomba makan kerupuk.

3. Kue lapis

Rekomendasi makanan khas Kemerdekaan Indonesia selanjutnya adalah kue lapis. Kue yang satu ini terbuat dari bahan tepung beras dan santan yang mantap sehingga rasanya bakalan manis gurih. Kue lapis ini paling mudah untuk dikreasikan sesuai dengan tema acara. Untuk tema perayaan ini Anda bisa membuat kue lapis menggunakan warna merah dan putih sehingga melambangkan kemerdekaan banget!

4. Bubur merah putih

Selain tumpeng, bubur merah putih juga sering kali disajikan dalam momen kemerdekaan. Bubur merah putih memiliki simbolisme sebagai penolak bala dan pelindung dari kesialan atau keburukan. Karena memiliki makna yang mendalam seperti itu, bubur merah sering dihidangkan sebagai bagian dari perayaan kemerdekaan.

5. Klepon

Klepon merupakan hidangan kue yang terbuat dari tepung ketan dan ekstrak daun pandan yang dibentuk menjadi bola-bola dengan isian gula merah. Camilan ini sangat cocok untuk disajikan pada saat acara kemerdekaan. Bentuknya yang bulat dan utuh menggambarkan simbol persatuan bagi nusantara yang beragam ini.

Topik Menarik