Viral Pemandangan Menakjubkan dari Kamera Drone Terlihat dari Atas Gunung Galunggung

Viral Pemandangan Menakjubkan dari Kamera Drone Terlihat dari Atas Gunung Galunggung

Travel | inews | Rabu, 14 Agustus 2024 - 13:20
share

JAKARTA, iNews.id - Pesona keindahan alam yang ada di Tasikmalaya selalu membuat wisatawan ingin berkunjung. Apalagi jika singgah ke salah satu pegunungannya yang eksotis, dijamin akan membuat siapa saja betah berlama-lama.

Ya, kali ini Anda bisa menjelajahi Gunung Galunggung. Gunung ini fenomenal karena memiliki ratusan anak tangga yang biasa digunakan untuk mendaki hingga puncak.

Namun, belum lama ini viral video dari kamera drone yang menampilkan pemandangan menakjubkan dari atas Gunung Galunggung. Ya, kamera itu menangkap betapa tingginya anak tangga yang ada di Gunung Galunggung, Tasikmalaya.

Video diambil dari kamera drone, tak hanya menampilkan keindahan Gunung Galunggung secara keseluruhan, tapi juga tingginya anak tangga yang kerap mengantarkan wisatawan atau pendaki menuju puncak gunung.

Dalam keterangan video yang diunggah di akun TikTok @M.R23, dijelaskan untuk mencapai ke puncak Gunung Galunggung, pendaki atau wisatawan bisa memilih dua opsi anak tangga. Opsi yang pertama yakni dengan melalui tangga berwarna kuning dengan jumlah 620 tangga. Sementara opsi kedua yakni tangga biru dengan jumlah 510 tangga.

Selain dua opsi tersebut, ada satu lagi opsi yang bisa dipilih bagi wisatawan yang tidak ingin capek-capek naik ratusan anak tangga. Opsi tersebut yakni menggunakan jasa ojek dengan tarif bervariasi, mulai Rp25.000 untuk sekali jalan atau lebih, tergantung negosiasi.

"Kamu pasti nanya ada berapa tangga di Galunggung. Saat naik ke puncak Gunung Galunggung, ada 2 opsi tangga, tulis akun TikTok tersebut.

"Yang ke 1 ada tangga kuning yang berjumlah 620 tangga, dan ke 2 tangga biru berjumlah 510 tangga. Kalau nggak mau ribet naik ke puncak kalian bisa naek jasa ojeg, kata akun tersebut.

Lantas, apa saja daya tarik dari Gunung Galunggung ini?

Melewati dusun-dusun dan rumah warga, perjalanan menuju lokasi taman wisata alam Gunung Galunggung sungguh seru. Hamparan sawah menjadi pemandangan berbeda, selain gundukan pasir yang terlihat di beberapa rumah warga.

Menjelang sampai di kawasan wisata alam Gunung Galunggung, jalan semakin sempit, terjal, dan di kiri-kanan jalan hanya terdapat pepohonan hijau layaknya hutan. Pemandangan kawah Gunung Galunggung yang didominasi oleh warna hijau menawan menjadi pengganti rasa lelah sehabis melewati anak tangga.

Keringat yang mengucur menjadi terasa sejuk dengan embusan udara khas pegunungan. Lokasi ini kerap menjadi tempat yang cocok untuk melakukan aktivitas paralayang. Kawah Gunung Galunggung merupakan kawah alami akibat dari letusan Gunung Galunggung.

Menurut riwayatnya, puncak gunung yang berada pada ketinggian 2.167 mdpl ini pernah mengalami erupsi dahsyat pada 1982. Untuk mencapai bibir kawah, perjalanan kemudian dilanjutkan dengan menyusuri pinggir kawah selama sekitar 2 jam trekking.

Bibir kawah Taman Wisata Alam Galunggung merupakan lokasi favorit bagi para pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam. Menyaksikan keindahan kawah Galunggung nan hijau dari dekat merupakan pengalaman wisata yang sungguh mengasyikan. Di lokasi ini juga terdapat posko bagi para pendaki. Tidak jauh dari posko, berdiri musala yang sengaja dibangun bagi mereka yang mendambakan tempat berdoa dengan suasana hening, sejuk, dan menyatu dengan alam.

Menjelajahi Gunung Galunggung merupakan salah satu aktivitas wisata alam yang menyenangkan. Banyak keindahan yang ditawarkan Gunung Galunggung. Di antaranya pemandangan kawah, pemandangan city light Kota Tasikmalaya, pemandian air panas alami, viewdek untuk swafoto, areal camping groud dan trek olahraga sepeda gunung (downhill).

Topik Menarik