Bukit Langkisau, Surga Tersembunyi di Sumatera Barat Punya Sunset Paling Menakjubkan

Bukit Langkisau, Surga Tersembunyi di Sumatera Barat Punya Sunset Paling Menakjubkan

Travel | inews | Rabu, 14 Agustus 2024 - 11:52
share

JAKARTA, iNews.id - Keindahan alam yang ada di Sumatera Barat sangat menarik untuk dijelajahi. Terutama jika singgah ke bagian pesisir selatan, ada satu tempat menakjubkan di Painan yang populer dengan pantainya.

Anda dapat menikmati keindahan alam Pesisir Selatan dari atas ketinggian Bukit Langkisau. Bukit Langkisau menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang tidak boleh dilewatkan. Di sini Anda dapat menikmati fasilitas seperti paralayang serta flying fox.

Bila sore hari, Anda dapat menikmati keindahan laut yang menguning karena matahari terbenam. Langkisau merupakan salah satu jajaran Bukit Barisan. Untuk menuju Bukit Langkisau, Anda perlu menyusuri tanjakan sekitar 120-130 derajat dan berkelok-kelok.

"Bukit Langkisau merupakan andalan wisata Kota Painan. Terletak di pantai barat pulau Sumatera. Painan terkenal dengan Bukit Langkisau yang indah dan pulau-pulau di dekatnya seperti Pulau Cingkuak (atau Pulau Monyet), Pulau Carocok, Pulau Karabak, dan Pulau Cubadak," tulis Instagram @ayodolan.

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, Bukit Langkisau juga dikenal sebagai salah satu arena paralayang. Berbagai kegiatan olahraga Paralayang sering digelar di Langkisau. Lokasi ini dapat ditempuh hanya 10 menit menggunakan kendaraan bermotor dari Painan, Ibu Kota Kabupaten Pesisir Selatan, atau hanya 5 menit dari Pantai Carocok.

Mengunjungi bukit ini tidak dipungut biaya. Anda hanya membayar parkir Rp3.000 untuk motor, dan Rp5.000 untuk mobil. Ketika sudah sampai di perbukitan, Anda harus menaiki sekitar 50 anak tangga untuk sampai ke puncak tertinggi bukit.

Meski lelah, Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan sekeliling. Anda dapat menikmati keindahan pulau-pulau kecil. Sebelah kanan Anda dapat melihat lanskap perkotaan, sebelah kiri adalah teluk di mana Pantai Carocok berada. Sedangkan di bagian depan terdapat Pulau Babi, Pulau Semangki, dan yang lainnya. Pulau-pulau ini terapit di hamparan perbukitan.

Anda harus datang sore hari jika ingin mendapatkan pemandangan memukau matahari tenggelam. Langit terlihat berwarna orange menakjubkan. Selamat berkunjung!

Topik Menarik