Pencinta Tanaman Hias Meningkat, Pameran Florikultura Jadi Daya Tarik Baru 

Pencinta Tanaman Hias Meningkat, Pameran Florikultura Jadi Daya Tarik Baru 

Travel | inews | Sabtu, 10 Agustus 2024 - 23:11
share

JAKARTA, iNews.id - Bagi penggemar tanaman hias harus bersiap untuk mengunjungi pameran Floriculture Indonesia International Expo 2024 FLOII Expo 2024. Pameran ini bisa menjadi destinasi wisata alternatif bagi Anda yang gemar dengan alam.

Anda bisa menjelajahi dan mengetahui tanaman hias terbaru dan unik yang dihadirkan dalam pameran. Ya, Floriculture Indonesia International Expo 2024, merupakan pameran florikultura terbesar dan pertama di Indonesia. Pameran digelar untuk ketiga kalinya di Hall 3, ICE BSD Tangerang pada 5-8 Desember 2024.

Adapun pameran ini bertujuan untuk menjadi wadah utama bagi pelaku usaha, pencinta tanaman, dan pegiat tanaman hias, serta memperkenalkan berbagai elemen industri tanaman dari produsen hingga konsumen.

Adapun tema yang diusung dalam pameran ini adalah "Evolutionary & Revolutionary Elegance: The Beauty of Genetic Diversity in Floriculture," FLOII Expo 2024. Menggambarkan mutasi genetik telah berperan dalam menciptakan varietas tanaman hias yang unik dan memikat.

Pameran ini juga mendapatkan apresiasi dari aktor tampan Anjasmara. Pria yang juga penggemar tanaman ini mengatakan, pameran FLOII Expo 2024, lebih dari sekadar pameran, tapi bisa menjadi tempat untuk saling bertukar pikiran tentang tren tanaman hias di Indonesia.

"Kalau selama ini pencinta tanaman belanja tanaman di tempat terbuka dan panas. Kurang nyaman mungkin. Kali ini FLOII bisa mengakomodir hal tersebut, diadakan di tempat yang nyaman, bersih dan bertaraf Internasional. Jadi, teman-teman bisa update perihal berita-berita terbaru dari seluruh tanaman yang sedang tren ataupun sudah tren dari tahun-tahun kemarin, kata Anjasmara melalui keterangannya.

Ketua Kelompok Florikultura Kementerian Pertanian, Armilawaty Razak mengatakan industri florikultura menunjukkan pertumbuhan yang signifikan setiap tahunnya.

Berdasarkan data dari Kementerian Pertanian, rata-rata pertumbuhan tahunan sebesar 21,8 persen. Atas dasar itu, Kementerian Pertanian menyambut baik penyelenggaraan FLOII Expo 2024. Menurutnya, FLOII Expo tidak hanya berfungsi sebagai wadah untuk mempertemukan konsumen dan produsen, tetapi juga sebagai sarana edukasi yang penting bagi masyarakat.

Dengan pameran ini, kesadaran akan keanekaragaman tanaman hias dapat meningkat, sekaligus memberikan pengetahuan dan informasi terbaru kepada para pecinta tanaman. Jadi kami sangat mengapresiasi acara ini (FLOII Expo 2024), katanya.

Michael Bayu A. Sumarijanto selaku presiden direktur dyandra event solutions, mengatakan, pameran ini menjadi acara yang penting bagi para pelaku industri dan pencinta tanaman hias. Apalagi, Indonesia memiliki potensi dengan keanekaragaman hayatinya yang melimpah dan terus berkembang. Ditambah, potensi pasar dari industri tanaman hias juga masih sangat besar.

Menurut Bayu, meskipun pasar dalam negeri sempat menurun pasca booming saat pandemi Covid-19, industri tanaman hias banyak diminati oleh pembeli dari berbagai negara. "FLOII Expo 2024 merupakan pameran yang penting untuk industrinya, kami tiga tahun lalu diminta oleh para stakeholder menjadi lokomotif untuk bisa membuat tanaman hias ini menjadi industri yang besar," kata Bayu.

Melalui tema ini lanjutnya, dia komitmen untuk menampilkan keindahan dan keunikan dari tanaman hias mutasi yang memiliki nilai jual dan estetika tinggi. "Kami ingin menunjukkan kepada dunia Indonesia mampu menjadi pemimpin dalam inovasi dan keanekaragaman genetika tanaman hias, katanya.

Pameran ini selain menghadirkan tanaman terbaru, juga akan ada talkshow yang menghadirkan pembicara nasional dan internasional. Selain itu, ada workshop yang menawarkan pelatihan praktis tentang teknik budidaya dan perawatan tanaman, serta lelang tanaman hias dan kontes tanaman hias mulai dari kelas Aroid, Sansevieria, Platycerium, Aglonema, dan kelas tanaman lainnya. Pameran ini juga akan menghadirkan berbagai exhibitor dari dalam dan luar negeri yang akan memamerkan produk terbaru dan inovatif dalam dunia florikultura.