Usai Kirab di Monas, Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Tiba di IKN

Usai Kirab di Monas, Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Tiba di IKN

Travel | inews | Sabtu, 10 Agustus 2024 - 16:25
share

JAKARTA, iNews.id - Kemeriahan HUT RI akan dirayakan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Bahkan, duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi tiba di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) usai menjalani kirab dari Monas Jakarta menuju IKN, Sabtu (10/8/2024).

Duplikat bendera pusaka dan salinan naskah teks proklamasi yang dibawa oleh tim Purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2023, tiba di Istana Negara IKN sekitar pukul 15.30 WITA atau 14.30 WIB.

Sebelumnya, duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur sekitar pukul 12.55 WITA.

Dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, setelah tiba di Balikpapan, kirab bendera Merah Putih dan teks proklamasi dilanjutkan menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Sepanjang perjalanan, warga tampak antusias melihat iring-iringan rombongan yang mengawal kirab bendera yang menempuh perjalanan sekitar 97,2 KM menuju Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN). Perjalanan kira-kira memakan waktu 1,5 jam sampai 2 jam.

Beberapa anak-anak yang menggunakan seragam sekolah pramuka kompak berjejer di pinggir jalan membawa miniatur bendera kecil di tangannya untuk dikibarkan bersama-sama saat iring-iringan melintas di hadapan mereka.

Sementara, di barisan lain tampak pula anak-anak dengan seragam putih abu-abu serta warga lainnya yang sudah berjejer rapi dengan miniatur bendera yang sama.

Lalu, kendaraan yang membawa bendera pusaka dan teks proklamasi kemudian memasuki area Istana melalui gerbang utama Istana Negara IKN. Duplikat bendera dan teks proklamasi diserahkan Paskibraka kepada ajudan Wakil Presiden dan diserahkan ke Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, lalu disimpan di ruangan khusus di Istana Negara IKN.

Sebelumnya pesawat rombongan kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Bendera Merah Putih dibawa oleh Purna Paskibraka 2023, Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu, teks proklamasi dibawa oleh Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.