Viral Pendaki Merbabu Hitung Sampah yang Dibawa Turun agar Tak Kena Denda: Dagdigdug!

Viral Pendaki Merbabu Hitung Sampah yang Dibawa Turun agar Tak Kena Denda: Dagdigdug!

Travel | inews | Sabtu, 3 Agustus 2024 - 16:38
share

JAKARTA, iNews.id - Menjaga kebersihan di gunung menjadi hal wajib yang harus dilakukan pendaki. Mereka harus membawa sampahnya kembali turun gunung usai mendaki.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh sekelompok pendaki di Gunung Merbabu. Baru-baru ini viral pemandangan sejumlah pendaki di Gunung Merbabu, Jawa Tengah yang kompak mengumpulkan dan menghitung jumlah sampah ketika mereka turun.

Momen tersebut terekam dalam video dan diunggah di akun Instagram @mountnesia. Dalam video tersebut terlihat masing-masing pendaki mengeluarkan sampah yang sebelumnya telah mereka kumpulkan di dalam botol air mineral berukuran besar.

Dalam keterangan video itu disebutkan, momen ini sangat menegangkan bagi para pendaki setelah turun dari jalur pendakian Gunung Merbabu.

Momen dagdigdugserrr klo abis turun Merbabu, tulis keterangan video tersebut.

Usut punya usut, para pendaki tersebut ternyata sedang menjalankan salah satu aturan yang harus dilakukan para pendaki di Gunung Merbabu. Peraturan tersebut mengharuskan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) untuk mengecek sampah para pendaki.

Tak hanya berlaku saat turun, sampah para pendaki akan diperiksa sebelum mendaki, dan baru akan kembali diperiksa saat turun untuk dicocokkan dengan jumlah sampah yang mereka bawa saat akan mendaki.

Nah, nantinya, jika jumlah sampah yang dibawa turun mendaki tersebut tidak cocok dengan jumlah saat mereka bawa naik, petugas akan memberikan sanksi denda kepada pendaki.

Jenis sampahnya pun akan dihitung keseluruhan. Mulai dari bungkus permen, plastik mie instan, kertas tisu, hingga sampah-sampah kecil seperti puntung rokok.

Video momen para pendaki menghitung sampah usai mendaki Gunung Merbabu itu lantas viral. Tidak sedikit dari warganet yang baru tau tentang peraturan tersebut.

Namun, tidak sedikit juga yang relate dan setuju serta mengapresiasi aturan tersebut demi menjaga kebersihan area jalur pendakian.

Saya sangat setuju regulasi ini ada di setiap Gunung biar memfilter pendaki yang cuma nyampah, ujar @lo****

Relate sih, deg-degan berasa ikut ujian CPNS, tahun 2022 pas turun Merbabu bungkus bengbeng ilang 1, nyari sampe 30 menit ternyata di carir temen saya, tutur @ug****

Emang harus digituin untuk negara dengan tingkat kesadaran membuang sampah pada tempatnya rendah, kata @pr*****

Seru tau ini.. deg degan gimana gitu ya kan, kata @if*****

Topik Menarik