Desa di Kulonprogo Punya Pemandangan Sungai Cantik Layaknya Surga Tersembunyi, Airnya Jernih!

Desa di Kulonprogo Punya Pemandangan Sungai Cantik Layaknya Surga Tersembunyi, Airnya Jernih!

Travel | inews | Rabu, 29 Mei 2024 - 13:01
share

JAKARTA, iNews.id - Keindahan alam yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi jika singgah ke salah satu desa yang ada di Kulonprogo dijamin siapa saja akan betah.

Ya, travelling ke Daerah Istimewa Yogyakarta, belum lengkap tanpa mengunjungi Kulonprogo. Di sini terdapat satu objek wisata yang cantik layaknya surga tersembunyi. Objek wisata tersebut bernama Taman Sungai Mudal. Tempat wisata ini bukan sekadar taman biasa, tetapi air terjun yang berasal dari sungai mata air di dalam gua.

Jika tertarik menjelajahi Sungai Mudal, musim penghujan saat ini menjadi waktu paling tepat. Ketika hujan, debit air sungai akan bertambah. Airnya tidak keruh, tetapi jernih berwarna biru toska. Sungai ini layaknya taman, karena deretan semak belukar di tepian sungai sepanjang 600 meter ini terlihat indah. Atraksi utama yang ada di sungai ini adalah river tubing. Pengunjung bisa menikmati kesejukan air sambil river tubing menggunakan ban pelampung dan didampingi oleh pemandu pengalaman.

"Wisata taman Sungai Mudal ini berupa kolam pemandian yang airnya sangat jernih dan berwarna biru toska, sangat memanjakan mata. Aliran air wisata taman sungai ini berasal dari mata air Mudal yang berada di daerah Mudal itu sendiri. Keindahan Taman Sungai Mudal ini yang menjadi daya tarik wisatawan asing atau lokal, dan sangat cocok untuk update foto di Instagram kalian. Jika kalian berniat mengunjungi wisata taman sungai mundal ini kami rekomendasikan saat musim penghujan karena debit airnya yang bertambah dan airnya pun tidak keruh. Tentunya tidak berbahaya lho," tulis Instagram @ayodolan.

Atraksi lain di sungai ini yang lebih menantang adalah fliying fox. Kegiatan flying fox ini dapat memacu adrenalin, sebab pengunjung meluncur dari ketinggian tertentu melalui tali berupa kabel baja. Uniknya, flying fox di sini melewati aliran air terjun dan kolam renang yang jernih. Jika Anda ingin menjajal sensasi lain atau menikmati suasana malam, cobalah untuk melakukan camping ground. Anda bisa membawa sendiri perlengkapan camping dan mendapat izin.

Tujuan utama ke Sungai Mudal yang paling diincar wisatawan adalah air terjun. Pengunjung bisa naik melalui tangga bambu kecil. Di sekitar air terjun terdapat beberapa kolam air yang terletak lebih rendah dari air terjun.

Terutama jika datang musim hujan, Anda bisa melakukan water canyoning atau rappelling. Jika Anda mulai kelelahan, bisa berisitirahat di gazebo beratap daun ijuk sambil menikmati santapan lezat.

Untuk mencpaai objek wisata ini, Anda bisa mengambil rute dari Kota Yogyakarta ke arah barat jalan Godean hingga Pasar Godean. Kemudian melewati jembatan Sungai Progo hingga akhirnya tiba di pertigaan. Kemudian, ambil rute arah Gua Kiskendo, dan bertemu hutan pinus-Kokap. Setelah itu, ikuti petunjuk arah menuju Taman Sungai Mudal.

Menurut geografis, lokasi wisata ini berada di Dusun Banyuganti, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi wisata tepat berada di utara wisata paling populer di Kulonprogo yakni wisata Kalibiru. Jarak antara hutan Kalibiru Kulonprogo ke lokasi wisata kurang lebih 18 kilometer atau memerlukan waktu tempuh 45 menit.

Topik Menarik