9 Makanan Khas Suku Badui, Nasi Badui Jadi Favorit!

9 Makanan Khas Suku Badui, Nasi Badui Jadi Favorit!

Travel | inews | Senin, 6 Mei 2024 - 20:10
share

JAKARTA, iNews.id - Makanan khas Suku Badui menarik untuk diulas kali ini. Suku yang mendiami daerah pegunungan Banten ini memiliki keunikan budaya tersendiri. 

Adapun, salah satu keunikan budaya yang masih terpelihara di lingkungan Suku Badui adalah kehidupan yang sederhana. Suku Badui Dalam tidak menggunakan lampu di malam hari. Itu yang membuat kawasan dimana mereka bertempat tinggal menjadi gelap gulita. 

Selain itu, terdapat pula makanan khas yang terkenal di Suku Badui yang jarang diketahui oleh banyak orang. 

Nah, berikut iNews.id tampilkan informasi mengenai makanan khas Suku Badui dirangkum dari berbagai sumber, Senin (6/5/2024). 

Makanan Khas Suku Badui

1. Apem Putih

Proses pembuatan Apem Putih berawal dari pengolahan beras yang digiling menjadi tepung beras. Selanjutnya, dicampur dengan tape yang telah difermentasi. 

Apem putih yang memiliki berbentuk mungil ini bertekstur kenyal. Sehingga, sangat nikmat tatkala dinikmati bersama dengan gula merah cair. 

2. Pasung Merah

Kue Pasung Merah memiliki tekstur kenyal. Bentuk kerucut pada kue ini berasal dari proses pembuatannya yang menggunakan wadah unik berbentuk kerucut dari daun nangka atau pisang. 

Selain digunakan sebagai pembungkus, dua daun tersebut dapat memberikan aroma khas yang selalu menggugah selera. 

3. Kue Balok Menes

Teksturnya lembut saat disentuh, namun kenyal di mulut, membuat makanan khas Suku Badui ini layak untuk dicoba. Singkong putih dijadikan sebagai bahan dasar utama pembuatannya. 

Proses pembuatan Kue Balok Menes dimulai dengan mengupas dan mencuci bersih singkong tersebut. Selanjutnya, membentuk kue menjadi persegi empat.

4.  Jojorong 

Jojorong adalah sebuah makanan khas yang populer di daerah Banten. Namun ternyata tidak banyak yang mengetahui jika makanan khas ini berasal dari Suku Badui. 

Kue Jojoring terbuat dari berbagai macam bahan, seperti campuran tepung kanji, tepung beras, dan gula merah. 

5. Lalap Badui

Lalap badui merupakan makanan khas Banten yang terdiri dari sayur-sayuran. Hidangan satu ini terdiri dari beberapa isian, yakni daun singkong, daun pepaya, dan kacang panjang yang disajikan dengan sambal terasi.

6.  Nasi Badui

Nasi putih khas Suku Badui ini memiliki tekstur agak keras atau pera. Selain itu makanan khas satu ini punya cita rasa yang unik. Sebab padi ditanam di ladang dan bukannya di sawah. 

Nasi Badui ini pada umumnya dimasak dengan cara tradisional, yakni dengan menggunakan tungku kayu. Agar semakin enak, dapat ditambahkan dengan ikan laut ataupun ayam.
 

7. Gipang 

Gipang merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Suku Badui.  Makanan ini terbuat dari beras ketan dan sirup gula. Bentuknya persegi panjang dan memiliki rasa yang manis.

8. Otak-otak Labuan 

Ketika berkunjung ke wilayah Suku Badui, kita dapat menemukan makanan yang super nikmat. Kuliner yang dimaksud adalah otak-otak labuan. 

Otak-otak Labuan khas Suku Dayak terbuat dari daging ikan tengiri yang telah dihaluskan. Terdapat pula beberapa bahan. seperti tepung tapioka, bawang putih, merica, garam dan gula pasir. 

9. Angeun Kotok

Angeun kotok adalah makanan olahan ayam khas Suku Badui. Makanan satu ini terkenal dengan cita rasanya yang gurih. 

Adapun, daging ayam yang digunakan dalam memasak angeun kotok juga sangat empuk. Sebab, makanan satu ini diproses dengan cara yang cukup rumit. 

Untuk menghilangkan bau amisnya, angeun kotok setelah dibakar dimasak dengan beberapa bumbu halus yang telah dihaluskan. Seperti bawang, honje, kunyit, dan jahe. 

Demikian ulasan mengenai makanan khas Suku Badui. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik