Planet Mirip Bumi Diprediksi Bersembunyi di Sabuk Kuiper, Segini Jaraknya dari Matahari

Planet Mirip Bumi Diprediksi Bersembunyi di Sabuk Kuiper, Segini Jaraknya dari Matahari

Travel | BuddyKu | Sabtu, 2 September 2023 - 09:47
share

JAKARTA, iNews.id - Para astronom memperkirakan planet mirip Bumi bersembunyi balik Sabuk Kuiper, cincin objek berbentuk donat di luar orbit Neptunus. Planet itu mempunyai jarak lebih dekat dibanding Planet Nine.

Planet yang disebut Kuiper Belt planet (KBP) berjarak hingga 500 AU dari Matahari, 500 kali jarak antara Bumi dan Matahari, lebih dekat dari Planet Nine. Penelitian soal planet mirip Bumi dilakukan Patryk Sofia Lykawka dari Kindai University di Osaka, Jepang dan Takashi Ito dari National Astronomical Observatory of Japan.

Kami memperkirakan keberadaan planet mirip Bumi. Sangat masuk akal benda purbakala dapat bertahan hidup di Sabuk Kuiper yang jauh sebagai KBP, karena banyak benda serupa yang ada di awal Tata Surya, kata peneliti dalam studinya.

Sabuk Kuiper sendiri diketahui berisi jutaan objek es yang disebut trans-Neptunian objects (TNO) karena berada di luar Neptunus. TNO diperkirakan adalah sisa pembentukan Tata Surya dan terdiri atas campuran batuan, karbon amorf, dan es yang mudah menguap seperti air.

Orbit objek trans-Neptunus (TNO) dapat menunjukkan keberadaan planet yang belum ditemukan di bagian luar Tata Surya, kata tim Jepang sebagaimana dikutip dari Daily Mail.

Tim memperhatikan beberapa objek memiliki \'orbit aneh\'. Hal ini menunjukkan mereka dipengaruhi secara gravitasi oleh sesuatu yang lebih besar di dekatnya.

Sabuk juga memiliki populasi objek dengan kemiringan tinggi dalam jumlah besar. Simulasi komputer menunjukkan hipotetis KBP bertanggung jawab atas dampak ini.

Kami memutuskan planet mirip Bumi yang terletak pada orbit yang jauh dan miring dapat menjelaskan tiga sifat dasar Sabuk Kuiper yang jauh, tulis mereka.

Ahli mencatat, mereka hanya memprediksi, bukan memastikan keberadaan planet Sabuk Kuiper. Mengingat diperlukan lebih banyak penelitian. Mereka juga menekankan planet yang mereka usulkan berbeda dari Planet Nine yang sudah dihipotesiskan