Pengertian Senam Irama: Sejarah, Jenis Gerakan, dan Manfaat

Pengertian Senam Irama: Sejarah, Jenis Gerakan, dan Manfaat

Travel | BuddyKu | Selasa, 29 Agustus 2023 - 12:29
share

PENGERTIAN senam irama: sejarah, jenis gerakan, dan manfaat akan diulas dalam artikel kali ini. Senam irama adalah senam yang setiap gerakannya diikuti oleh irama. Irama yang mengiringi senam ini bisa berupa alunan musik, tepuk tangan, dan juga ketukan nada.

Senam irama ini juga memiliki nama lain, yaitu senam ritmik. Senam irama bisa dilakukan secara individu maupun tim, dan bisa menggunakan alat maupun tidak untuk menyertai gerakannya.


Sejarah Senam Irama

Senam irama pertama kali dibuat oleh Francois Delsarte, Jean-Georges Noverre, dan Rudolf Bobe pada abad ke-18 silam.Di awal kemunculannya, senam irama masih berupa gerakan bebas, kemudian Peter Henry Ling, Catharine Beecher, dan Hinrich Medau mengembangkannya menjadi senam irama seperti yang dikenal seperti sekarang ini.

Perlu diketahui, setiap gerakan senam irama sudah diatur, sehingga menghasilkan gerakan yang rapi dan indah ketika dipandang. Gerakan senam irama kebanyakannya diambil dari balet.


Jenis Gerakan Senam Irama

Setelah selesai membahas pengertian senam irama dan juga sejarahnya, pembahasan berikutnya adalah tentang jenis gerakan yang ada di senam irama.

Berikut ini macam-macam gerakan yang ada di senam irama:

1. Sikap lilin

Sikap lilin adalah gerakan yang juga dimiliki oleh senam lantai. Sikap lilin adalah gerakan mengangkat kaki ke posisi atas dalam posisi telentang.

2. Handstand

Handstand adalah gerakan yang menjadikan tangan sebagai tumpuan. Posisi tangan saat melakukan handstand berada di bawah dengan posisi kaki yang berada di atas.

Untuk melakukan gerakan handstand ini tidak mudah, karena membutuhkan waktu yang tidak singkat. Selain itu, gerakan ini juga rawan menimbulkan cedera.

3. Headstand

Gerakan headstand hampir mirip dengan handstand, hanya saja perbedaannya terletak pada posisi tangan yang menjadi pelindung kepala.

Ketika melakukan headstand, tangan berubah menjadi bantalan agar kepala tetap terlindungi dari kerasnya lantai ketika kaki diangkat ke atas.

4. Forward roll

Gerakan forward roll adalah gerakan guling ke depan, dan gerakan tersebut merupakan gerakan yang sangat familiar.

Adapun untuk melakukan gerakan guling ke depan bisa dilakukan dengan posisi berdiri, lalu tubuh bergerak jongkok, kemudian badan dan kepala didaratkan di atas lantai atau matras.

5. Backward roll

Sama seperti forward roll, backward roll juga sangat familiar. Hanya saja untuk melakukan backward roll ini cenderung lebih susah, bahkan risiko untuk mengalami cedera sangat besar.

Untuk melakukan backward roll ini, posisi badan bisa membentuk squat terlebih dahulu. Setelah itu, tubuh bagian belakang diarahkan ke lantai atau matras dengan dorongan dari kaki untuk berguling.

6. Kayang

Sama seperti senam lantai, untuk bisa menguasai setiap gerakan senam irama, Anda juga harus mampu melakukan kayang.

Untuk melakukan kayang ini bisa melalui dua cara, yaitu dari posisi berdiri dan dari posisi tidur.
Apabila ingin memulai kayang dari posisi berdiri, tangan kanan bisa ditekuk terlebih dahulu dan langsung diarahkan ke lantai.

Ketika tangan kanan sudah menyentuh lantai, tangan kiri bisa segera menyusul, lalu kedua tangan tersebut memposisikan tubuh agar mendapatkan posisi kayang yang nyaman.

Adapun untuk memulai kayang dari posisi tidur jauh lebih mudah, karena kedua tangan bisa ditekuk secara bersamaan, kemudian badan diangkat untuk membentuk posisi kayang.

7. Gerakan lain

Masih ada gerakan lain yang harus dikuasai apabila ingin menggeluti senam irama, di antaranya adalah split, salto depan, salto belakang, dan juga gerakan dasar balet.

Unsur-Unsur Senam Irama

Setelah pembahasan pengertian senam irama hingga jenis gerakannya yang cukup panjang, pengetahuan lain dari senam irama adalah unsur-unsur yang membangun senam tersebut.

Berikut ini unsur-unsur yang dimiliki oleh senam irama:

Tujuan Senam Irama

Tujuan utama dari senam yang satu ini adalah untuk mendapatkan nilai tertinggi saat pertandingan berlangsung.

Selain untuk mendapatkan nilai tertinggi di pertandingan, tujuan lain dari senam irama adalah untuk menghibur para penonton melalui gerakannya yang indah.

Manfaat Senam Irama

Pengertian senam irama hingga tujuan dari senam tersebut telah diketahui. Sekarang, informasi terakhir yang harus Anda ketahui adalah manfaat dari senam irama.

Mengetahui manfaat senam irama sama pentingnya dengan mengetahui pengertian senam irama, karena ketika sebuah olahraga dikenal secara mendalam, semangat untuk melakukan olahraga tersebut akan lebih tinggi.

Berikut ini manfaat melakukan senam irama:

Pembahasan terkait pengertian senam irama, sejarah, jenis gerakan, unsur-unsur senam, tujuan senam, dan juga manfaatnya telah diketahui. Yuk mulai berlatih!

Topik Menarik