20 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Magelang Murah dan Enak, Ada Gethuk hingga Unthuk Cacing

20 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Magelang Murah dan Enak, Ada Gethuk hingga Unthuk Cacing

Travel | BuddyKu | Kamis, 24 Agustus 2023 - 09:56
share

JAKARTA, iNews.id - Liburan ke Magelang kurang lengkap tanpa membeli oleh-oleh khas Magelang yang murah dan enak. Oleh-oleh mulai dari makanan khas tradisional seperti jajanan basah, camilan kering hingga suvenir atau kerajinan yang unik-unik.

Magelang adalah salah satu wilayah yang ada di Jawa Tengah dan cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan ketika akhir pekan, libur panjang, maupun momen ketika mudik lebaran.

Terdapat banyak pilihan objek wisata di Magelang yang menarik untuk dikunjungi, seperti Candi Borobudur, Candi Mendut, Taman Kyai Langgeng, Top Selfie Pinusan Kragilan, Ketep Pass, dan sebagainya.

Setelah melakukan eksplorasi tempat wisata di Magelang, pastinya harus membawa pulang oleh-oleh dari Magelang untuk keluarga dan sanak saudara. Berikut ini 20 rekomendasi oleh-oleh khas Magelang yang murah dan wajib dibeli setelah berlibur..

20 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Magelang

1. Gethuk Trio
Getuk trio adalah salah satu oleh-oleh khas Magelang yang cukup terkenal. Gethuk trio terbuat dari singkong yang diolah secara khusus sehingga dapat menghasilkan tekstur yang lembut dan pulen. Gethuk ini memiliki rasa yang manis tapi legit. Gethuk trio, sesuai namanya Trio alias Tiga, jajanan ini punya 3 lapisan berwarna khas, yaitu putih, cokelat, dan merah muda.

2. Gethuk Bolen
Oleh-oleh khas Magelang berikutnya selain gethuk trio ada juga pula getuk bolen yang tak kalah populernya. Jajanan ini sama-sama tersebut dari singkong, akan tetapi gethuk bolen dibungkus dengan puff pastry. Karena bentuknya menyerupai bolen pisang, maka masyarakat lebih mengenalnya dengan getuk bolen.

3. Klepon Magelang
Klepon Magelang merupakan oleh-oleh khas Magelang yang terbuat dari beras ketan yang dibentuk bulat dan diisi gula merah cair, lalu digulingkan di atas kelapa parut. Memiliki tekstur yang kenyal, empuk dan manis dari gula merah yang ada didalamnya. Serta rasa gurih dari parutan kelapa yang ada diluar Klepon.

4. Jenang
Jenang khas Magelang merupakan oleh-oleh khas Magelang yang berbentuk persegi panjang dan memiliki tekstur yang kenyal. Selain itu jenang tidak lengket ketika dipegang. Jenang terbuat dari tepung beras ketan, gula merah, dan santan.

5. Kripik Gethuk
Oleh-oleh khas Magelang berikutnya adalah kripik gethuk. Selain dimakan secara basah, getuk juga bisa dinikmati dalam keadaan kering dengan cara dibuat menjadi keripik. Getuk ini diiris tipis-tipis lalu dijemur hingga kering, kemudian digoreng. Teksturnya yang renyah dan bercita rasa gurih membuat keripik getuk cocok untuk camilan.

5. Ampyang atau Gula Kacang
Oleh-oleh khas Magelang berikutnya adalah Ampyang. Jika kamu suka makanan yang manis-manis kamu bisa membeli Ampyang atau gula kacang ini sebagai oleh-oleh. Ampyang atau gula kacang ini dibuat dari kacang tanah dan gula merah. Bentuk ampyang seperti rempeyek namun warnanya coklat yang berasal dari gula merah. Karena teksturnya yang kering, Ampyang bisa bertahan cukup tahan lama bahkan bisa bertahan hingga beberapa minggu.

7. Wajik Magelang
Oleh-oleh khas Magelang yang berikutnya adalah Wajik. Ketika kamu berkunjung ke Magelang wajib mencoba wajik khas kota ini. Wajik ini berbahan dasari ketan, santan, dan gula kelapa, jajanan tradisional sejak zaman kerajaan ini memiliki rasa yang membuat bernostalgia. Memiliki tekstur yang lembut, kenyal, serta pulen dan memiliki rasa legit yang pas. Warnanya yang cokelat mengkilap sangat menggugah selera, oleh-oleh khas Magelang ini wajib untuk kamu beli.

8. Tape Ketan Magelang
Oleh-oleh khas Magelang berikutnya adalah tape ketan. Tape ketan tidak hanya bisa Anda temukan di Cirebon saja, sebab di Magelang pun juga ada. Namun berbeda dengan oleh-oleh khas Cirebon tersebut, tape ketan khas Magelang ini tidak menggunakan daun sebagai pembungkus. Meski begitu, rasa dari tape ketan ini sangat manis ketika sudah matang dengan aroma tape yang khas. Kemasan tape ini biasanya menggunakan cup plastik.

9. Slondok
Oleh-oleh khas Magelang selanjutnya Slondok yang merupakan keripik khas Magelang yang bisa kamu bawa sebagai kenang-kenangan. Slondok ini terbuat dari singkong dengan rasa yang gurih, pedas, manis. Memiliki bentuk yang memanjang mirip dengan keripik sanjai namun memiliki tekstur yang lebih renyah. Ada pula yang berbentuk kotak dan pas untuk jadi camilan kamu ketika bersantai.

10. Pothil
Oleh-oleh khas Magelang selanjutnya adalah Pothil. Jajanan ringan khas kota Magelang ini juga salah satu bentuk camilan yang cocok untuk Anda jadikan buah tangan. Pothil adalah makanan yang memiliki bentuk seperti cincin yang berwarna kecoklatan. Memiliki beragam rasa seperti keju, pizza hingga jagung bakar.

11. Permen Tape
Oleh-oleh khas Magelang selanjutnya adalah permen tape. Kudapan ini berupa permen yang dicampur dengan gula putih dan juga parutan kelapa. Awalnya, permen tape ini bisa dinikmati saat hari raya Lebaran saja. Akan tetapi, permen satu ini sudah bisa kamu nikmati kapan saja. Jadi permen tape ini cocok untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh setelah liburan dari Magelang.

12. Grubi
Oleh-oleh khas Magelang selanjutnya adalah Grubi. Grubi ini terbuat dari potongan ubi jalar dan campuran gula cair. Sekilas grubi mirip mie yang belum dimasak berbentuk bola-bola. Meskipun teksturnya keras, ketika dimakan rasa grubi ini sangat renyah dan manis.

13. Tahu Gundul
Oleh-oleh khas Magelang berikutnya adalah Tahu Gundul yang terbuat dari tahu berbentuk bulat, lalu digoreng kering sehingga memiliki tekstur yang terasa renyah. Cita rasanya yang gurih dan ttahan lama, membuat camilan ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat pulang berlibur dari Magelang.

14. Keripik Sayuran
Oleh-oleh khas Magelang selanjutnya adalah kerripik sayuran bisa ditemukan di berbagai toko oleh-oleh khas Magelang. Beberapa bahan makanan yang biasanya dipakai untuk pembuatan keripik sayuran ini antara lain pare, daun bayam, daun singkong, dan sebagainya. Keripik sayutan ini memiliki cita rasanya gurih dan teksturnya renyah, pas banget buat camilan

15. Buntil Daun Talas
Bagi masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta, mungkin sudah tidak asing dengan makanan bernama buntil. Makanan tradisional ini berbentuk gumpalan campuran makanan yang biasanya dibungkus memakai daun pepaya. Nah, khusus di Magelang, buntil menggunakan pembungkus berupa daun talas. Buntil Daun Talas khas Magelang ini biasanya berisi parutan kelapa, udang rebon, ikan asin (ikan teri), dan biji petai, kemudian dibungkus memakai daun talas muda. Buntil biasa diimasak dengan campuran kuah santan, irisan cabai, dan bumbu rempah.

16. Sate Pisang Miroso
Oleh-oleh khas Magelang berikutnya yang terbuat dari pisang sebagai bahan dasarnya, yaitu pisang kepok merah. Pisang tersebut direbus, lalu dipotong-potong dan ditusuk-tusuk layaknya sate. Tusukan pisang tersebut lalu disajikan di atas piring dengan siraman saus kental. Memiliki nama sate pisang Miroso. Cita rasa yang diberikan Sate Pisang Miroso ini sekilas mirip nagasari. Namun, terdapat perpaduan manis dan gurih yang sangat pas dilidah.

17. Puyur
Oleh-oleh khas Magelang selanjutnya adalah Puyur. Camilan satu ini terbuat dari singkong dan bertekstur renyah. Perbedaan puyur dan slondok sendiri yakni dari bentuk dan proses pembuatannya. Umumnya, jika slondok melalui proses pengukusan sebelum dikeringkan dan digoreng. Sedangkan puyur hanya dipres untuk menghilangkan airnya lalu dijemur dan digoreng hingga renyah.

18. Krasikan
Krasikan biasanya disajikan bersama dengan jenang. Kue tradisional ini terbuat dari beras ketan dan teksturnya berpasir serta tampak berbintik. Memiliki rasa yang hampir mirip dengan jenang, karena bahan dasar pembuatannya mirip.

19. Unthuk Cacing
Oleh-oleh khas Magelang selanjutnya yaitu Unthuk cacing. Disebut unthuk cacing karena bentuknya yang bulat melingkar seperti cacing. Camilan ini teksturnya renyah dan cita rasa yang gurih dan manis. Bahan utama pembuatannya adalah tepung ketan, telur, dan margarin. Karena cukup tahan lama, kamu bisa membawa camilan ini sebagai oleh-oleh dari Magelang.

20. Geblek
Oleh-oleh khas Magelang yang terakhir adalah geblek. Geblek khas Magelang berbeda dengan geblek oleh-oleh khas Wonosobo. Ciri khasnya yang terletak pada campuran parutan kelapa dan pada adonan tepung tapioka. Campuran adonan tersebut menghasilkan rasanya jadi lebih gurih dibandingkan geblek yang lain. Jajanan ini semakin nikmat saat kamu makan bersama kuah pempek atau sambal yangt masih hangat.

Demikianlah ulasan dari 20 rekomendasi oleh-oleh khas Magelang yang wajib kamu beli saat berkunjung ke Magelang.