Suka Makan Pedas, Ini Dampak Positif yang Terjadi pada Tubuh

Suka Makan Pedas, Ini Dampak Positif yang Terjadi pada Tubuh

Travel | BuddyKu | Sabtu, 29 Juli 2023 - 18:49
share

JAKARTA, iNews.id - Makanan pedas memang sangat digemari banyak orang. Di Indonesia, makan tanpa ada rasa pedas seperti ada yang kurang.

Meskipun kadang menimbulkan masalah yang tak nyaman di perut, ternyata makanan pedas punya banyak manfaat. Ingin tahu apa saja manfaat dari mengonsumsi makanan pedas? Berikut ulasannya dirangkum melalui Healthline , Sabtu (29/7/2023).

1. Umur panjang

Mengonsumsi makanan pedas selama enam atau tujuh hari dalam seminggu, atau bahkan hanya sekali sehari dapat menurunkan angka kematian sebesar 14 persen menurut studi besar pada 2015 oleh Harvard dan China National Center for Disease Control and Prevention.

2. Percepat Metabolisme

Rempah-rempah tertentu seperti jintan, kayu manis, kunyit, paprika, dan cabai dapat meningkatkan waktu rehat metabolisme dan memperlambat nafsu makan.

3. Malawan Peradangan

Curcumin, senyawa dalam kunyit dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Dalam pengobatan Ayurveda, sifat anti-inflamasi jahe dan bawang putih telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi, seperti radang sendi, gangguan autoimun, bahkan sakit kepala dan mual.

4. Bantu Lawan Sel Kanker

Capsaicin, komponen aktif cabai, telah terbukti memperlambat dan menghancurkan sel kanker. Dalam studi UCLA menemukan, capsaicin menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada tikus dan membiarkan sel-sel yang sehat.

5. Rempah Bantu Bunuh Bakteri

Jinten dan kunyit telah terbukti memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang kuat. Kedua zat tersebut dapat digunakan melawan bakteri berbahaya di dalam tubuh.

Topik Menarik