Keistimewaan 10 Jenis Sisik Ayam Bangkok Berkualitas Lengkap dengan Gambarnya

Keistimewaan 10 Jenis Sisik Ayam Bangkok Berkualitas Lengkap dengan Gambarnya

Travel | BuddyKu | Selasa, 23 Mei 2023 - 13:12
share

SUNGGUMINASA, iNewsGowa.id - Para pecinta/penghobi Ayam Bangkok, sebelum membeli dan ingin dijadikan ternak, disarankan teliti dalam memilih ayam yang berkelas dan berkualitas, salah satunya dapat dikenali atau diketahui dari sisiknya. Berikut 10 jenis sisik ayam bangkok dan keistimewaannya lengkap dengan gambarnya;

1. Sisik Naga Temurun
Ciri-cirinya, sisik bagian belakang kaki kanan dan kiri menghadap kebawah. Khasiat sisik ayam seperti ini biasanya kalau dipukul dan membalas lebih sakit.


Jenis Sisik Naga Temurun



2. Sisik Batu Rantai/Buaya
Ciri-cirinya, bagian bawah kaki ayam juga bersisik dan berderet kebelakang. Keistimewaannya sisik ayam jenis ini pukulannya sangat keras. Mitos mengatakan, sisik ayam jenis serperti ini kalau diadu jangan dibawah atau sekitar pohon bambu karena keistimewaanya akan mengurang.


Sisik Batu Rantai/Buaya, Jari Kaki Bagian Bawah Bersisik



3. Sisik Batu Lapak/Tiban
Ciri-cirinya bersisik pas ditelapak kaki ayam. Model sisik seperti ini jarang ditemukan. Mitos menyebut hanya orang-orang terpilih yang dapat memiliki dan merawat ayam tersebut. Keistimewaanya tidak butuh waktu lama untuk mengalahkan lawannya.


Sisik Batu Lapak/Tiban, Bersisik Pas Ditelapak Bawah Kaki Ayam



4. Sisik Keleng (Ubet)
Memilih sisik Keleng/Ubet perlu kehati-hatian. Jika salah memilih sisik keleng sebelah biasanya hanya menang pertama ngadu saja. Jika kita jeli dalam memilih, justru sisik keleng sebelah ini menangnya akan terus menerus. Ciri sisik kaleng sebelah pecah pas ditengah-tengah jari nomor dua. Keistimewaan ayam sisik keleng mempunyai pukulan diatas rata-rata


Sisik Keleng (Ubet), Sisik Terbelah Pas Ditengah Jari Kedua Kaki Ayam

.

5. Sisik Keleng Dua Satu
Merupakan Ayam jagal (pembunuh) karena memiliki/mempunyai jalu super. Ciri-cirinya terdapat satu sisik keleng pada salah satu kaki disekitar jalu dan dua sisik keleng di kaki lainya. Hati-hati jika ingin melawan ayam jenis seperti ini, sebaiknya jalu dibungkus dengan rapi sebelum diadu.


Sisik Keleng Dua Satu



6. Sisik Selip Sebelah
Ciri-cirinya, ada sisik selip dibagian sebelah kaki kiri dan kanan. Ayam sisik selip seperti biasanya akan kena matanya saat bertarung. Disarankan untuk tidak memilih jenis ayam yang mempunyai jenis sisik tersebut diatas.


Sisik Selip Sebelah



7. Sisik Selip Sejajar Jalu Kanan/Kiri
Model seperti ini, yang mempunyai sisik selip diatas jalu ayam kanan dan kiri. Cocok untuk pukul jalu. Jangan diadu sebelum jalunya panjang dan kuat.


Sisik Jalu Sejajar, Cocok untuk Pukul Jalu



8. Sisik Pukul Mati
Jenis ayam yang sulit dan tidak mudah ditemukan, ciri-cirinya di jari kedua kaki kiri tersadapat sisik pecah atau sisik selip. Meski permainannya kurang bagus, ayam ini disebut ayam pembunuh karena memiliki pukulan yang kuat diatas rata-rata (Dosis Pukulan Mati).


Sisik Pukul Mati, Jenis Ayam Jagal (Pembunuh)



9. Sisik Pecah Seribu
Memiliki sisik pecah semua (Seribu) pada kaki kiri dan kanan ayam. Permainanya bagus dan kadang disebut ayam juara karena memiliki pukulan yang berat.


Sisik Pecah Semua/Seribu, Pukulan Berat



10. Sisik Naga Banda/Salak
Disebut sebagai ayam juara, tidak jauh beda dengan jenis sisik pecah seribu. Sisik Naga Banda atau biasa disebut sisik buah Salak terdapat warna yang mencolok mirip kulit buah salak. Sisiknya kecil-kecil dan lancip serta tertata rapi dari pangkal sampai ujung jari kaki ayam. Banyak dicari dan digandrungi penghobi ayam karena Pola dalam permainannya bagus dan memiliki pukulan yang sangat keras.


Sisik Naga Banda/Kulit Salak, Pukulan Sangat Keras, Ayam Juara


Topik Menarik