5 Fakta Ikan Shisamo, Ikan Laut Mahal Nan Bergizi Yang Dimakan Cipung

5 Fakta Ikan Shisamo, Ikan Laut Mahal Nan Bergizi Yang Dimakan Cipung

Travel | BuddyKu | Rabu, 26 April 2023 - 09:40
share

AKURAT.CO, Viral video menunjukkan Rayyanza atau kerap disapa Cipung tengah asyik menikmati ikan goreng mungil. Rupanya, bukan Ikan Cue melainkan Ikan Shisamo yang harganya selangit.

Putra kedua Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ini selalu berhasil mencuri perhatian Netizen. Aksinya yang lucu membuat semua orang gemas ketika melihatnya.

Momen keseharian Rayyanza sering dibagikan oleh susternya di media sosial pribadinya. Salah satunya ada momen ketika Rayyanza makan dan terlihat lahap menikmati ikan goreng.

Awalnya netizen mengira bahwa itu adalah ikan asin goreng. Rupanya, yang dimakan ialah Ikan Shisamo yang populer juga disebut Ikan Caplin. Selain kaya akan nutrisi, ikan ini terbilang mahal.

5 Fakta Ikan Shisamo

1. Mirip Ikan Kaca Piring

Ikan Shisamo atau Ikan Caplin ini banyak hidup di Lautan Atlantik dan laut yang dalam. Terutama di Canada, khususnya daerah Newfouland. Ikan Shisamo memiliki bentuk seperti Ikan Kaca Piring, hanya saja tidak bening transparan dagingnya.

Umumnya, ikan yang populer di Jepang ini memiliki panjang sekitar 10-15 cm. Tubuhnya ramping dan warnanya perak mengkilap dengan warna hitam di bagian atasnya.

2. Seluruh Tubuhnya Berisi Telur

Ikan Caplin ini bisa dimakan mulai dari kepala hingga bagian ekor. Ikan ini hanya memiliki duri di bagian tengah. Uniknya, ikan betina memiliki telur yang banyak.

Bahkan hampir seluruh tubuhnya berisi telur. Selain itu, Ikan Shisamo ini juga rasanya super gurih. Ikan ini bisa diolah dengan berbagai cara seperti dipanggang, digoreng atau dikukus.

Dagingnya kokoh dengan rasa gurih yang begitu kuat, membuat ikan dengan nama latin Mallotusvillosus ini sangat enak dioleh jadi beragam hidangan.

3. Nutrisi Ikan Shisamo

Telur ikan ini dikenal dengan sebutan Masago. Telurnya ada yang berwarna hitam dan ada pula yang orange. Biasanya sering dipakai sebagai topping sushi pengganti tobiko.

Banyaknya telur di dalam Ikan Shisamo tentu saja membuat ikan ini dipenuhi dengan nutrisi Asam Lemak Omega-3. Bahkan jumlahnya lebih banyak daripada Ikan Salmon.

Dalam 100 gram Ikan Salmon hanya mengandung 1,0 gram Asam Lemak Omega-3. Sementara dalam Ikan Shisamo mengandung 1,2 gram Asam Lemak Omega-3. Selain itu, ikan ini memiliki kandungan protein yang tinggi.

4. Manfaat Ikan Shisamo

Kandungan Asam Lemak Omega-3 bagus untuk perkembangan sel otak terutama pada anak. Ikan ini baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena minyak ikan di dalamnya bagus untuk perkembangan janin.

Tak hanya itu, kandungan Omega-3 juga bagus untuk kesehatan jantung, sehingga mengurangi risiko penyakit Stroke dan Jantung Koroner. Makan ikan ini juga dapat menetralisir kadar Kolestrol jahat.

5. Harga Ikan Shisamo

Ikan ini disebut-sebut memiliki harga yang terbilang mahal. Ikan Shismo kemasan dengan ukuran 500 gram rata-rata harganya berkisar Rp70.000.

Ikan Shisamo jarang dijual dalam keadaan segar. Umumnya, dijual dalam keadaan beku di pasar swalayan besar atau toko bahan makanan Jepang atau Korea. Saat membeli pilih ikan yang bagian perutnya menggembung berisi telur dan badannya utuh mulus, tak ada yang rusak.

Topik Menarik