6 Resep Kue Lebaran Kekinian yang Enak dan Mudah Dibuat, Ada Rasa Cokelat serta Susu

6 Resep Kue Lebaran Kekinian yang Enak dan Mudah Dibuat, Ada Rasa Cokelat serta Susu

Travel | BuddyKu | Senin, 17 April 2023 - 13:33
share

JAKARTA, iNews.id - Resep kue Lebaran kekinian bisa menjadi menu camilan pilihan untuk persiapan Perayaan Hari Raya Idul Fitri. Kue Lebaran kekinian memang terlihat lebih unik dan rasanya lezat.

Kue Lebaran merupakan salah satu makanan wajib yang harus ada di meja tamu. Ada beberapa kue Lebaran yang bisa dibuat seperti kue coklat, kue keju, kue kacang, dan lainnya.

Meskipun banyak dijual di pasaran, sebaiknya Anda membuat sendiri kue kering kekinian tersebut dengan bahan-bahan premium. Anda bisa membuat berbagai jenis kue sesuai selera.

Ingin tahu apa saja resep kue Lebaran kekinian yang enak dan lezat? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (17/4/2023).

Resep Kue Lebaran Kekinian

1. Resep kue semprit

Bahan:

100 gr tinned butter (suhu ruang)
100 gr unsalted butter (suhu ruang)
3/4 sat perisa vanila
1/3 sdt garam
115 gr gula halus
1 butir telur
30 gr maizena
15 gr susu bubuk
220 qr tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder
70 gr cheddar blok

Topping: Cheddar Blok, parut

Cara Membuat:

1. Di dalam mangkuk, masukkan unsalted butter, tinned butter, dan gula halus sambil di saring, kemudian kocok hingga pucat dan mengembang.
2. Sambil diaduk, masukkan telur, garam, perisa vanila, dan baking powder, kocok sesaat hingga menyatu.
3. Masukkan tepung terigu, maizena dan susu bubuk sambil disaring, aduk dengan spatula secara perlahan.
4. Parut Anchor Cheddar Blok lalu masukkan ke dalam adonan, aduk rata dengan spatula. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga.
5. Siapkan spuit yang dimasukkan ke dalam plastik segitiga kemudian masukkan adonan, semprotkan ke dalam loyang yang sudah dialasi baking paper.
6. Tambahkan topping keju di atasnya kemudian panggang di suhu 130 derajat celcius selama 30 menit. Kue semprit keju siap dihidangkan.

2. Resep kue sagu keju

Bahan:

300 gr margarin
300 gr gula halus
2 kuning telur
200 gr keju parut
100 ml santan kental
620 gr tepung sagu atau tapioka
4 lembar daun pandan
Keju parut secukupnya untuk taburan

Cara Membuat:

1. Sangrai tepung sagu, lalu potong 4 lembar daun pandan dan aduk-aduk di atas api kecil, aduk terus agar tidak gosong, sampai daun pandan mengering.
2. Setelah daun pandan mengering, keluarkan daun pandan dari tepung.
3. Siapkan wadah, masukkan margarin, gula halus, dan aduk-aduk sampai rata hingga adonan tercampur rata dan lembut.
4. Masukkan 2 butir kuning telur, aduk-aduk sampai tercampur rata dan tambahkan keju parut. Aduk lagi sampai rata.
5. Masukkan tepung sagu yang telah dingin, masukkan secara bertahap sambil diaduk-aduk sampai tercampur rata. Tuang santan secara bertahap, dan aduk adonan sampai tercampur rata.
6. Masukkan adonan ke dalam plastik segetiga, atau pipping bag, dan gunting ujungnya. Siapkan lagi satu pipping bag lalu masukkan spuit di dalamnya.
7. Masukkan plastik berisi adonan ke dalam plastik dengan spuit. Adonan siap untuk disemprotkan, di atas loyang yang telah diolesi dengan margarin.
8. Berikan tambahan keju parut pada bagian atas adonan. Panggang adonan dengan suhu 180 derajat celcius. Panggang selama 25 menit, kemudian kelurkan dari oven dan biarkan sampai kue dingin.
9. Setelah dingin pindahkan kue ke dalam toples, lalu tutup dengan rapat agar tekstur kue terjaga kerenyahannya.

3. Resep putri salju

Bahan:

300 gr margarin
100 gr gula halus
3 butir kuning telur
35 gr susu bubuk
50 gr maizena
415 - 425 gr tepung protein rendah
260 gr gula es

Cara Membuat:

1. Campur margarin dengan butter jika suka, aduk-aduk sampi pucat.
2. Tambahkan gula halus yang telah disaring, lalu masukkan kuning telur, susu bubuk, maizena, tepung protein rendah, kemudian aduk-aduk lagi sampai rata.
3. Buat adonan menjadi dua dan berikan tambahan keju parut sesuai selera pada salah satu adonan, dan uleni sampai merata. Setelah itu, ambil sedikit adonan, dan bentuk menyerupai bulan sabit atau gunakan cetakan.
4. Lapisi loyang dengan minyak, kemudian susun di atas loyang dan panggang dalam suhu 140-150 derajat celcius selama 20 - 30 menit.
5. Sambil menunggu adonan matang, siapkan gula es lalu keuarkan adonan dari oven, langsung rendam ke dalam gula es hingga semua permukaan kue tertutup rata, secara perlahan.
6. Setelah itu, jika dirasa kurang menempel, bisa ditambahkan lagi saringan gula es di atas kue. Kue putri salju siap untuk disajikan.

4. Resep lidah kucing

Bahan:

100 gr wisjman
100 gr margarin
80 gr gula halus
2 butir putih telur
135 gr tepung terigu pro rendah
30 gr maizena
1 sdm susu bubuk
2 sachet Vanili bubuk

Cara Membuat:

1. Aduk mentega, margarin, dan gula sampai halus hingga teksturnya creamy dan soft. Masukkan putih telur secara bertahap, lalu diaduk sampai 10 menit.
2. Aduk-aduk hingga ke bagian bawahnya sampai mengembang dan berwarna putih pucat. Setelah itu, tambahkan tepung terigu protein rendah, maizena, susu, dan vanili bubuk kemudian aduk lagi hingga semua bahan tercampur merata.
3. Setelah itu, masukkan adonan yang sudah tercampur rata ke dalam piping bag. Kemudian bentuk adonan di dalam cetakan, lalu panggang dengan suhu 140 derajat celcius selama 25-30 menit.
4. Setelah matang, keluarkan dan tunggu sampai adonan sedikit dingin baru tambahkan nutella di tengah-tengahnya, lalu tumpuk dengan lidah kucing.

5. Resep kue kastangel

Bahan:

90 gr wijsman
90 gr mentega (unsalted butter), jika menggunakan margarin takaran
Garam kurangi
10 gr gula halus
2 butir kuning telur (ukuran besar)
50 gr keju parmesan parut
50 gr keju edam parut
50 gr tepung maizena
200 gr tepung protein rendah
4-8 gr baking powder (selera)
2-4 gr garam laut (atau 1-2 gr garam rafinasi halus)
10 gr susu bubuk

Topping:

1 butir kuning telur
1/2 sdm susu cair
Pewarna kuning secukupnya
Keju cheddar / parmesan part secukupnya

Cara Membuat:

1. Kocok wijsman, mentega, dan gula halus hingga pucat dan mengembang. Masukkan kuning telur satu per satu, aduk lagi sebentar. Campurkan tepung, maizena, baking powder, garam, dan susu bubuk, lalu aduk rata, kemudian saring ke dalam adonan mentega, aduk dengan spatula hanya sampai tercampur rata.
2. Masukkan keju edam dan keju parmesan parut, aduk sebentar menggunakan tangan. Jika ingin menggunakan keju cheddar parut, sebaiknya keju cheddar parut disimpan 2-3 hari di dalam kulkas dalam keadaan terbuka supaya kering. Ambil adonan lalu pipihkan dengan ketebalan 0,5 cm, potong sepanjang 5 cm atau sesuai selera.
3. Olesi dengan campuran kuning telur dan susu di permukaannya, taburi dengan keju parut kemudian tekan menggunakan scraper atau spatula agar keju menempel. Potong adonan selebar 1 cm atau sesuai selera, pastikan ukuran dan ketebalan kue seragam.
4. Pindahkan ke atas loyang yang sudah dialasi dengan baking paper dan pastikan diberi jarak, panggang dengan suhu 140 derajat celcius selama 40 - 50 menit tergantung ukuran kue. Setelah dingin, simpan kastengel di wadah kedap udara.

6. Resep kue coco crunch

Bahan:

1 bungkus biskuit Marie
Skm putih secukupnya
150 gr coklat DCC
Sprinkle warna warni

Cara Membuat:

1. Haluskan biskuit Marie, lalu pindahkan ke wadah.
2. Masukkan secukupnya susu kental manis putih, aduk hingga rata sampai menggumpal. Cetak menggunakan sendok takar agar hasilnya sama, lalu bentuk menjadi bulat-bulat. Sisihkan.
3. Lelehkan coklat batang, lalu masukkan kue ke dalam coklat hingga seluruh permukaannya tertutup dengan coklat.
4. Setelah itu pindahkan ke cup nastar dan beri taburan sprinkle di atasnya. Kue coco crunch ala rumahan siap untuk disajikan.

Itulah resep kue Lebaran kekinian yang enak dibuat dari bahan pilihan. Selamat mencoba!

Topik Menarik