Uniknya Tradisi Suku di Negara Ini, Ayah Menyusui Bayi Sementara Ibunya Berburu ke Hutan

Uniknya Tradisi Suku di Negara Ini, Ayah Menyusui Bayi Sementara Ibunya Berburu ke Hutan

Travel | BuddyKu | Sabtu, 1 April 2023 - 15:14
share

TRADISI ayah menyusui bayi di budaya Suku Aka Republik Kongo memang menarik untuk dikulik. Memang terdengar aneh lantaran kegiatan tersebut dilakukan oleh ayah , di mana menyusui sejatinya tugas seorang ibu.

Pada kenyataannya, hal itu benar adanya namun bukan dalam arti menyusui dengan sesungguhnya melainkan untuk menenangkan sang bayi. Para ayah suku Aka Pygmy akan membiarkan putingnya dihisap sang bayi .

Dikutip dari Fatherly , seorang antropolog asal Amerika, Barry Hewlett menemukan tradisi unik itu di antara masyarakat suku Aka Pygmy setelah memutuskan untuk tinggal bersama di sana.

Suku yang hidup dalam hutan hujan rimbun di Gabon, Kongo, dan Kamerun ini para ayah tak hanya ikut menyusui anaknya melainkan juga turut mengambil peran dalam membesarkan anak-anaknya. Bahkan, diketahui jika anak menjadi poin utama bagi suku ini.

Infografis Tradisi Sumba Barat

Berdasarkan data yang dikumpulkan Hewlett selama 20 tahun, ia menunjukkan bahwa 47 persen waktu yang dimiliki para ayah di suku Aka dihabiskan untuk merawat bayinya.

Meski begitu, Hewlett mengungkapkan bila kebiasaan unik suku Aka ini tidak begitu mengejutkan mengingat ini menyangkut pola asuh egaliter (persamaan) gender yang pernah dipelajarinya.

Sehingga, peran ayah di suku Aka lebih dari sekadar ayah. Sementara para wanita melakukan tugas berburu ke hutan untuk mencari makanan, anak-anak umumnya dipercayakan kepada ayahnya. Para pria suku ini juga terbiasa memasak dan para wanita akan mendirikan kamp berikutnya.

"Ada pembagian yang menarik sehingga ayah terbiasa berperan sebagai ibu tanpa merasa beban atau stigma. Itu sebabnya ayah Aka kerap disebut ayah terbaik di dunia," kata Hewlett mengutip dari The Guardian .

Di dalam masyarakat Aka kedekatan fisik dengan anak menjadi hal yang sangat penting. Bayi-bayi di suku Aka ini diketahui selalu dekat dengan orangtua atau orang yang mengasuhnya.

Pria Suku Aka Pygmy

Pria Suku Aka Pygmy (Foto: face2faceafrica.com)

Selain itu, para ayah dan ibu di suku ini juga tidak akan meninggalkan bayi mereka sendirian, walaupun sedang tidur. Bahkan, sang bayi tampak selalu digendong atau dipeluk oleh orangtuanya sepanjang waktu.

Demikian penjelasan mengenai tradisi ayah menyusui di budaya suku Aka Republik Kongo yang unik dan wajib diketahui.

Topik Menarik