Pulau Kera, Surga Indah Tersembunyi di Kupang, Berpasir Putih dengan Terumbu Berwarna-warni

Pulau Kera, Surga Indah Tersembunyi di Kupang, Berpasir Putih dengan Terumbu Berwarna-warni

Travel | BuddyKu | Senin, 13 Maret 2023 - 13:13
share

JAKARTA, iNews.id - Pulau Kera di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) selalu menarik untuk dijelajahi. Pulau ini memiliki nama yang unik seperti nama hewan primata.

Bagi yang baru mendengar pulau ini, tentu Anda akan mengira jika Pulau Kera dihuni oleh hewan primata. Namun, hal ini tidak merujuk atau merepresentasikan Pulau Kera dihuni oleh ratusan ekor hewan primata ini.

Ternyata, Pulau Kera merupakan salah satu pulau di Kupang yang memiliki pemandangan alam menakjubkan. Bahkan, pulau ini terbilang masih sepi dari wisatawan.

Penasaran ingin tahu seperti apa keindahan Pulau Kera di Kupang, NTT? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (13/3/2023).

Pulau Kera

Pulau Kera memiliki luas 43 hektare dan masih alami. Berada di sini, sejauh mata memandang Anda hanya dapat menikmati air laut yang jernih dan berwarna hijau tosca. Pasir berwarna putih dengan deretan pohon kelapa akan menanjakan mata. Berada di kawasan Pulau Kera Anda juga bisa melakukan diving atau snorkeling. Pemandangan bawah lautnya begitu eksotis dengan warna-warni terumbu karang dan aneka ikan yang cantik.

Asal-usul Nama Pulau Kera

Sebagian orang menyebut Pulau Kera berasal dari kata Kaeya yang artinya penyu. Karena pada zaman dulu, pulau ini berfungsi sebagai tempat penangkaran penyu. Kemungkinan ada pengucapan lafal yang sedikit berbeda, sehingga namanya kini berubah menjadi Pulau Kera. Namun sebagian, ada juga yang berpendapat nama dari pulau ini berasal dari kata Takera yaitu bahasa Solor, yang berarti timba atau ember. Pulau Kera termasuk dalam Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Teluk Kupang, serta dimanfaatkan sebagai daerah wisata berbasis konservasi. Luas bagian daratan pulau Kera adalah 25 hektar.

Keindahan Alam Pulau Kera

Pulau yang terletak di Desa Uisa ini memiliki pesona alam dan lautnya yang begitu memikat hati para wisatawan, terutama bagi para pencinta laut. Pulau Kera juga menjadi tempat wisata primadona di pinggir Kota Kupang yang tersembunyi. Garis pantai begitu menawan dengan pasir putih yang lembut. Warna airnya sangat jernih, berwarna tosca. Di sekitar pantainya masih sangat hijau, yang memberikan suasana asri dan menenangkan. Sangat cocok bagi para wisatawan yang sedang mencari tempat tenang.

Sebagian besar pemungkiman warga tinggal di sebelah barat, hanya beberapa saja yang tinggal di bagian timur pulau. Warga memilih pemukiman di sebelah barat karena, karakter ombaknya yang lebih tenang. Di bagian timur terdapat bangunan yang mirip seperti mercusuar kecil menghadap ke laut Sawu.

Aktivitas menyenangkan di Pulau Kera

Di pulau yang tenang ini, ada berbagai aktivitas seru yang bisa para wisatawan lakukan antara lain, berjalan menyusuri pantai pasir putih, Pulau Kera. Kemudian, jangan lewatkan untu snorkeling atau diving. Keindahan pulau ini tak hanya bisa dilihat atau dinikmati dari daratan. Anda harus menjajal menyusuri dunia bawah laut Pulau Kera yang tak kalah indah. Berbagai keanekaragaman hayatinya, akan membuat penyelam semakin jatuh cinta pada Pulau Kera.

Selain menyelam, Anda juga bisa melakukan aktivitas memancing. Para wisatawan yang datang juga diperbolehkan untuk memancing ikan-ikan yang ada di sini menggunakan alat pancing tradisional, dan tentunya tak merusak alam Pulau Kera.

Ketika menikmati suasana alam di Pulau Kera, jangan lewatkan untuk berburu keindahan matahari tenggelam, atau sunset. Tak ada yang lebih indah lagi dengan menikmati penghujung hari dengan memandangi langit, dengan semburat mentari yang memiliki warna-warna indah sambil bersantai.

Rute Menuju Pulau Kera

Bagi para wisatawan yang penasaran dan ingin berkunjung ke Pulau Kera, ada beberapa rute yang dapat ditempuh yaitu melalui pelabuhan Perikanan Oeba, Pelabuhan Tenau atau bisa juga Pelabuhan Oesapa dengan durasi tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Wisatawan perlu menywa kapal sebagai alat transportasi menuju Pulau Kera.

Itulah seputar keindahan Pulau Kera di Kupang, NTT yang bisa dijelajahi.