10 Makanan Khas Lampung, Nomor 8 Bikin Ngiler

10 Makanan Khas Lampung, Nomor 8 Bikin Ngiler

Travel | BuddyKu | Minggu, 12 Maret 2023 - 18:13
share

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Makanan khas Lampung ini harus kamu cobain ketika sedang berada di provinsi Lampung. Mulai makanan berat, kue hingga makanan ringan dari daerah ini siap menggoyang lidah kamu.

Lampung tak melulu keripik pisang ataupun kopi. Masih banyak makanan khas yang wajib kamu rasakan.

Berikut 10 makanan khas Lampung:

1. Keripik Pisang

Makanan
Makanan khas Lampung (Foto: IG@sukaku_ngemil)

Siapa yang tak tahu keripik pisang asli Lampung? Rasanya yang enak, renyah, tentu makanan ini sudah menjadi salah satu primadona wisatwan yang datang ke Lampung.

Keripik pisang tentunya berbahan dasar pisang. Pisang-pisang itu diolah sedemikian rupa hingga dicampur dengan beberapa rasa.

Ada beberapa rasa untuk bisa dipadukan dengan kerupik pisang,m mulai dari cokelat, keju, strawberry, melon, sapi panggang hingga balado.

2. Keripik Nangka

Makanan khas Lampung selanjutnya yakni Keripik Nangka. Ya, warga Lampung tak hanya jago membuat keripik pisang, mereka juga memproduksi kerupik nangka.

Seperti namanya, keripik ini berbahan dasar narngka. Untuk kamu yang hobinya ngemil, keripik nangka bisa menjadi salah stau pilihan ketika bosan dengan keripik pisang.

3. Kue Segumpal

Makanan
Makanan Khas Lampung Kue Segumpal (Istimewa)

Kue Segumpal termasuk kue khas musiman di Lampung. Ya,kue ini bisa dijumpai ketika bulan Ramadan saja. Makanan ini asli dari Lampung.

Kue Segumpal yangterbuat dari santan dan beras ketan ini biasanya dihidangkan saat menjelang berbuka puasa atau perayaan adat.

4. Seruit

Makanan
Makanan Khas Lampung, Seruit (Istimewa)

Makanan khas Lampung selanjutnya yakni Seruit. Siapa yang tak tahu nikmatnya makanan ini. Seruit yakni makanan yang terbuat dari ikan bakar.

Bahannya bukan ikan sembarangan. Ikan yang digunakan untuk membuat seruit berasal dari sungai seperti Ikan Balide, Ikan Layis serta Baung.

Bahan dasar ikan itu kemudian dicampur serta dipadukan dengan berbagai bumbu di antaranya sambal terasi khas seperti tempoyak atau mangga.

Seruit menjadi makanan yang kerap dihidangkan saat ada acara acara adat di Lampung.

5. Geguduh

Makanan
Makanan khas Lampung, Geguduh (Antara)

Kamu suka makanan manis dan gurih? Gaguduh menjadi salah satu makanan khas Lampung yang kamu bisa cicipi.

Geguduh terbuat dari pisang kepok yang dihaluskan hingga lembut. Kemudian pisang itu dicampur tepung terigu, dan diaduk hingga merata.

Gaguduh biasanya dinikmati bareng dengan segelas kopi atau teh hangat di sore hari. Terlebih jika cuaca di luar sedang hujan.

6. Umbu

Makanan
Makanan Khas Lampung, Umbu (Istimewa)

Kamu wajib mencicipi umbu.Makanan satu ini mempunyai rasaha pahit. Kebanayakan orang menyamakan rasanya dengan pare.

Umbu kerap dijadikan sebagai bahan dasar sayur yang dioseng. Meski begitu, tak sedikit juga yang meghidangkan umbu sebagai lalapan.

Biasanya, Umbu terbuat dari rotan muda.

7. Tempoyak

Makanan
Makanan Khas Lampung Tempoyak (Instagram)

Makanan ini berbahan dasar durian matang. Uniknya, daging durian itu harus difermentasikan sebelum diolah menjadi Tempoyak.

Tempoyak dibuat dari buah durian matang yang dicampur cabai rawit dan garam secukupnya. Usai dicampur, adonan itu harus disimpan ke tempat yang tertutup.

Biasanya, makanan ini harus dimasukkan ke dalam kulkas. Hal ini untuk mempercepat fermentasi yang biasanya menghabiskan waktu selama lima hari.

Jika sudah jadi, Tempoyak biasanya dicampur dengan campuran ikan seperti ikan. Mulai dari mujair, teri, mas. Tempoyak juga biasanya digunakan pada gulai dan sambal.

8. Gulai Taboh

Makanan
Makanan khas Lampung, Gulai Taboh (pariwisatalampungbarat)

Gulai Taboh, menjadi makanan khas Lampung favorit. Selain membuat ngiler, makanan ini dijamin membuat ketagihan.

Warga luar Lampung biasanya menyamakan makanan ini mirip dengan sayur lodeh. Tapi, rasa bumbu dikuahnya akan lebih gurih dan terasa ketimbang lodeh.

Gulai taboh dibuat dengan mencapurkan santan dengan kacang hijau ataupun kacang lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan rebung atau kentang rebung dan kentang.

Bumbu itu kemudian dimasak dengan ikan. Ikan yang biasa digunakan dalam gulai taboh biasanya ikan tongkol atau ikan tuna.

9. Sambal Asam Kembang

Selain camilan,kue, makanan berat, kali ini ada makanan khas Lampung berbentuk sambal. Sambal asam kembang ini siap menggoyang lidah kamu.

Tenang, meski namanya ada unsur asamnya namun sambal ini tidak dibuat dari bahan asam. Sambal ini dibuat dari cabai yang diimasak dengan terasi dan mangga muda.

Sambal asam kembang ini biasanya dimakan dengan makanan khas dari kota Lampung.

10. Pisro

Pisro menjadi makanan selanjutnya yang wajib kamu jajal di Lampung. Kisro hampir samap dengan ikan bakar. Namun, ikan yang digunakan berbeda dan bukan ikan sembarang.

Makanan ini menggunakan ikan tambakang dan ikan betok. Lidah kamu akan merasakan enaknya daging ikan dengan perpaduan bumbu rempah alami.

Pisro dimasak dengan aneka bumbu rempah yang nikmat, cabai merah sehingga terasa pedas, tambahan gula aren yang manis, serta kuah yang kental sangat menggugah selera.

Itu deretan 10 makanan khas Lampung. Sudah dicoba semua? Mana yang lebih enak?

Topik Menarik