Wisata Alam Goa Lalay di Kabupaten Bogor, Sulap Lahan Bekas Tambang Galian Menjadi Tambang Uang

Wisata Alam Goa Lalay di Kabupaten Bogor, Sulap Lahan Bekas Tambang Galian Menjadi Tambang Uang

Travel | BuddyKu | Rabu, 8 Maret 2023 - 11:42
share

BOGOR, iNewsBogor.id - Destinasi wisata di Kabupaten Bogor sudah sangat dikenal dan bahkan banyak diantaranya menjadi destinasi wisata favorit.

Salah satu destinasi yang kini banyak menjadi perhatian wisatawan berlokasi di wilayah bagian Timur Bumi Tegar Beriman, namanya Kawasan Wisata Alam Goa Lalay.

Yang unik dari kawasan ini dibangun diatas lahan yang sebelumnya merupakan bekas galian tambang liar yang disulap menjadi destinasi wisata alam dan kini berubah menjadi tambang uang.


Suasana kunjungan wisatawan di Goa Lalay saat akhir pekan. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

Goa Lalay berlokasi di Kampung Bagogong, Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor bediri diatas lahan seluas 11 hektar.

Kawasan wisata alam ini jadi destinasi yang menyedot perhatian wisatawan lokal karena memiliki banyak fasilitas layaknya sebuah kawasan wisata.

Sejumlah fasilitas pendukung yang tersedia di kawasan wisata Goa Lalay antara lain:

Goa Lalay berdiri di sisa galian tambang liar kini berada dibawah pengelolaan PT Fadilah Eka Jaya sejak 2019 bekerja sama dengan Perhutani.


Fasilitas kolam renang di Kawasan Wisata Alam Goa Lalay. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

Wisata Alam konsep kita. Bahkan, ke depan kami akan membuat wall clambing, camping ground, dan sarana olahraga, kata Iswahyudi, dari PT Fadilah Eka Jaya.

Iswahyudi menjelaskan, kunjungan wisatawan ke Goa Lalay sejak 2019 terus meningkat. Sempat sepi saat Pendemi, tapi sekarang sudah bergairah lagi. Apalagi jika hari libur, tempat ini penuh. Kami hanya membanderol tiket dua puluh ribu rupiah saja, jelas Iswahyudi.

Ia menambahkan, pengunjung wisata Goa Lalay ini saat ini banyak berasal dari kawasan Jabodetabek dan Jabar sekitarnya.

Kalau Weekend ada sekitar 2000 pengunjung dari berbagai kota yang datang ke Goa Lalay. Mudah mudahan kedepannya akan lebih banyak lagi yang datang ke Goa Lalay, tegas Iswahyudi.

Salah seorang Wisatawan lokal, Erna Marlina (38) mengatakan, dirinya berlibur bersama keluarga untuk menikmati rimbunnya pepohonan sambil melihat Goa Lalay.


Wisatawan di Goa Lalay membludak hingga ke area parkir kawasan. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

Konsepnya bagus, dan tiket masuknya pun murah. Banyak fasilitas juga, dan ini cocok untuk semua kalangan. Pemandangan tak usah ditanya, pokoknya mantap, kata Erna.

Topik Menarik