9 Makanan Khas Tomohon, Nomor 6 Terkenal Lezat Bernama Panada

9 Makanan Khas Tomohon, Nomor 6 Terkenal Lezat Bernama Panada

Travel | BuddyKu | Selasa, 7 Maret 2023 - 13:41
share

TOMOHON, iNews.id - Makanan khas Tomohon terkenal sangat lezat bahkan sulit dilupakan. Bagi yang sudah merasakan, beberapa makanan khas Tomohon memiliki keistimewaan yang membuat orang ketagihan.

Kota Tomohon di Sulawesi Utara tidak hanya dijuluki sebagai Kota Bunga. Kota yang berada di kawasan pegunungan itu memiliki pemandangan alam yang sangat indah dengan gunung berapi, danau, dan hamparan bunga.

Sementara itu, Tomohon juga terkenal dengan kuliner ekstremnya. Seperti makanan dari tikus goreng, ular piton, kelelawar hingga anjing. Kuliner tersebut kerap membuat wisatawan mengernyitkan dahi namun bikin penasaran.

Tetapi jangan berpikir di daerah tersebut tidak memiliki makanan khas yang tidak membuat bulu kuduk berdiri.

Nah, mengutip laman Celebes, berikut ada 9 makanan khas Tomohon yang populer dan bikin penasaran.

9 Makanan Khas Tomohon

1. Dodol Amurang

Dodol Amurang ini menjadi makanan khas Tomohon. Dodol tradisional ini berbahan dasar beras ketan yang dicampur dengan kayu manis, gula aren, dan minyak kelapa murni.

Kudapan dengan cita rasa manis, yang dibungkus menggunakan daun kelapa yang telah dikeringkan. Bentuk dan teksturnya tentu mirip dengan dodol pada umumnya.

2. Sambal Roa

Tak hanya menjadi makanan khas masyarakat Manado, sambal Roa adalah makanan andalan masyarakat Tomohon.

Terbuat dari ikan roa yang diasapi kemudian dihancurkan hingga halus, dan dijadikan sambal dengan cara dimasak bersama bumbu dan minyak.

Anda juga bisa membawa pulang sambal roa sebagai buah tangam khusus setelah pulang dari Tomohon. Untuk penyimpanan yang lebih lama, Anda bisa menyimpannya di lemari pendingin.

3. Cakalang Fufu

Bagi pecinta ikan laut, makanan di Tomohon bisa dibilang surganya sajian ikan yang sedap untuk disantap. Makanan satu ini diolah dari bahan dasar ikan cakalang sebagai bahan utamanya.

Pengolahannya dengan cara membuang sisik ikan, memberi bumbu pada ikan, diasap, lalu dijepit menggunakan kerangka yang terbuat dari bambu.

Ikan cakalang ini memiliki tekstur yang sedikit keras namun tetap bisa dikunyah dengan mudah.

4. Kacang Goyang

Selain nikmat dijadikan camilan, kacang goyang juga bisa dijadikan salah satu oleh-oleh khas dari kota Tomohon. Kacang Goyang merupakan sajian kacang tanah yang bisa dinikmati dalam perjalanan atau sekadar bersantai di penginapan sewaktu berlibur.

Kacang yang digunakan dalam pembuatan kacang goyang, adalah kacang tanah. Di mana dalam proses pengolahannya, dibentuk dengan warna yang beragam.

Cara penyajiannya terbilang beragam, bentuknya bulat dengan warna-warni yang meriah dan indah.

5. Halua Kanari

Halua Kanari menggunakan biji buah kenari sebagai bahan utamanya. Kemudian diolah dan dibentuk seperti gula gula kacang. Halua kanari memiliki cita rasa yang manis, sekaligus gurih saat digigit.

Halua kanari juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi Anda yang baru saja pulang dari Tomohon.

6. Panada

Mungkin nama makanan ini tidak terlalu asing, karena panada sendiri adalah makanan persilangan dengan negara Portugis, Empanada.

Yang khas dari panada di Tomohan, adalah isiannya yang dipadati dengan ikan cakalang yang dibumbui dengan panpis.

7. Nasi Bungkus

Makanan khas Tomohon ini bernama nasi bungkus. Nasi tersebut disajikan menggunakan daun laikit. Meski modelnya seperti nasi bungkus pada umumnya yang menggunakan daun pisang, tetapi bedanya nasi bungkus Tomohon ini biasanya hanya bisa dijumpai di Minahasa.

8. Pia Amurang

Tidak hanya dodol Amurang, pia ini juga sebenarnya mengarah pada satu daerah yang berlokasi di Kabupaten Minahasa Selatan. Meski demikian sebagian budaya dari wilayah tersebut memengaruhi kebiasaan lokal di kota ini, termasuk dalam hal kuliner.

Pia Amurang ini merupakan pia dengan masa konsumsi yang panjang sehingga cocok bila dipilih sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

9. Mujair Goreng dengan Saus Tomat

Makanan khas Tomohon lainya yaitu mujair goreng. Bedanya mujair ini ditambahi saus tomat. Biasanya makanan ini sangat diminati wisatawan saat ke Tomohon.

Daerah dengan pesona alamnya yang cantik ini terkenal pula sebagai salah satu pemasok ikan mujair di Indonesia. Itulah mengapa sangat mudah menemukan menu pokok berbahan dasar mujair di sini.

Itulah 9 makanan khas Tomohon, mana yang menjadi kesukaanmu?

Topik Menarik