Mengenal Rujak Bulung Khas Bali Terbuat dari Rumput Laut, Enak Wajib Dicicipi!

Mengenal Rujak Bulung Khas Bali Terbuat dari Rumput Laut, Enak Wajib Dicicipi!

Travel | BuddyKu | Jum'at, 24 Februari 2023 - 19:40
share

JAKARTA, iNews.id - Rujak Bulung merupakan kudapan khas Bali, yang unik dan menarik untuk dicoba. Berbeda dengan rujak pada umumnya yang menggunakan buah-buahan segar, rujak Bulung justru menggunakan rumput laut.

Di mana kata bulung atau bulung boni, dalam bahasa Bali merujuk pada rumput laut hijau yang digunakan untuk membuat rujak khas satu ini. Selain rumput laut, rujak bulung juga terdiri dari beberapa bahan-bahan seperti garam, cabai rawit, terasi, kencur, kelapa parut, dan kuah pindang alias kuah ikan.

Menariknya lagi, dalam proses penyajiannya, bulung tak dimasak lagi, melainkan hanya direndam menggunakan air panas. Tak hanya cita rasanya yang segar dan pedas, rujak bulung juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan.

Diketahui rumput laut kaya akan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa manfaat dari rumput laut yang telah diuji khasiatnya antara lain seperti meningkatkan fungsi tiroid, meningkatkan kesehatan jantung, menstabilkan gula darah, membantu menurunkan berat badan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi.

Ditambah penyajian rujak bulung yang benar sehat, menjadikan manfaat dari rumput laut jauh lebih terasa ketika dikonsumsi.

Cara Membuat Rujak Bulung

Jika Anda penasaran bagaimana cita rasa rujak bulung, tak perlu jauh-jauh ke Bali. Cukup di rumah saja, Ands bisa membuat sekaligus mencicipi rujak khas Bali ini. Berikut adalah cara membuat rujak bulung dikutip dari Novis Bali Kitche , Jumat (24/2/2023).

Bahan:

200 gram rumput laut atau bulung boni
1 potong ikan tenggiri
3 daun salam
3 cabai merah
1 buah limau
30 gr kelapa parut
Gula secukupnya
Garam secukupnya
1 sdt terasi yang sudah dibakar
600 ml air

Cara Membuat:

1. Tuang air, kemudian masukkan daun salam, ikan tenggiri, dan 1 sdt garam atau sesuai selera. Tunggu sampai airnya mendidih, lalu kecilkan apinya ke sedang. Kemudian rebus lagi selama 10-15 menit.
2. Setelah 15 menit, kemudian sisihkan ikan dan daun salam, dan saring kuah ikannya. Tunggu sampai hangat kuku atau dingin.
3. Haluskan terasi, cabai, dan 1/2 sdt garam. Setelah halus, tambahkan 1 sdm gula pasir atau gula merah (opsional).
4. Tambahkan 60 ml kuah ikan pada bumbu yang dihaluskan.
5. Campur rumput laut dengan kelapa parut, sampai semuanya tercampur rata. Tambahkan di atas kuah yang sudah dibuat. Lalu, potong limau dan peras kemudian diaduk-aduk.
6. Rujak bulung siap untuk dinikmati!