Ternyata Ini Alasannya Kenapa Banyuwangi Dikenal Sebagai Kota Sunrise of Java

Ternyata Ini Alasannya Kenapa Banyuwangi Dikenal Sebagai Kota Sunrise of Java

Travel | BuddyKu | Minggu, 5 Februari 2023 - 07:20
share

Semarang, iNewsSemarang.id- Banyuwangi adalah sebuah Kabupaten di Jawa Timur yang dikenal masyarakat karena keeksotisannya. Bahkan, daerah ini mendapat julukan Kota Sunrise of Java atau Kota Terbitnya Matahari di Pulau Jawa. Hal ini sangat menarik untuk dibahas.

Banyuwangi memiliki ragam budaya dan keindahan alam yang memukau. Keindahan hamparan pegunungan dan pesisir pantai yang indah merupakan daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Tak heran bila Banyuwangi masuk dalam destinasi wisata favorit.

Hal unik lainnya adalah julukan Banyuwangi sebagai Kota Sunrise of Java. Namun, masih belum banyak yang tahu mengenai julukan ini dan alasannya. Untuk menjawab rasa keingintahuan kamu, berikut ini pembahasan lebih lanjut:

Ternyata Ini Alasannya Kenapa Banyuwangi Dikenal Sebagai Kota Sunrise of Java

Dari segi geografis, Banyuwangi terletak di ujung timur pulau Jawa yang berbatasan langsung dengan selat Bali. Lokasinya yang ada di sisi timur, membuatnya sebagai daerah yang paling cepat terkena sinar matahari pagi, sehingga dijuluki Sunrise of Java.

Wilayah timur Banyuwangi turut dikenal karena spot indah menikmati matahari terbit dengan beragam keindahan pantai yang ada. Wilayah di sini terkenal atas panta-panta eksotisnya, misalnya Pantai Plengkung, Pantai Pulau Merah, Pantai Gumuk Kantong, dan banyak lagi.

Sebelah timur Banyuwangi merupakan salah satu penghasil ikan terbesar di Jawa Timur. Di Muncar terdapat pelabuhan perikanan. Sementara, Pelabuhan Ketapang di sisi utara Banyuwangi adalah penghubung Jawa dan Bali.

Tak hanya terkenal atas pantainya yang indah, kabupaten Banyuwangi menjadi rumah suku Osing dan memiliki keindahan alam berupa daratan. Misalnya, Daratan Tinggi Ijen dengan puncaknya Gunung Raung (3.282 m) dan Gunung Merapi (2.800 m) terdapat Kawah Ijen.

Ada juga kawasan konservasi bagi hewan-hewan endemik yang ada. Mulai dari kawasan Taman Nasional Meru Betiri; kawasan pengembangan penyu di Pantai Sukamade, dan Taman Nasional Alas Purwo di Semenanjung Blambangan.

Jangan heran atas julukan Sunrise of Java yang melekat pada Banyuwangi. Karena keindahan alamnya yang eksotis. Daerah ini bisa menjadi salah satu pilihan objek wisata terbaik yang harus dikunjungi apalagi jika sedang ada di Jawa Timur.

Begitulah rangkuman pembahasan seputar alasan Banyuwangi dijuluki kota Sunrise of Java.

(Mg/Shinta)

Topik Menarik