Mengenal Gelar Bangsawan Keraton Yogyakarta

Mengenal Gelar Bangsawan Keraton Yogyakarta

Travel | BuddyKu | Sabtu, 4 Februari 2023 - 10:33
share

YOGYAKARTA, iNews.id - Gelar bangsawan Keraton Yogyakarta menarik untuk disimak. Di era milienal ini gelar kebangsawanan ini masih digunakan di lingkungan keraton.

Meski demikian, tidak banyak warga Yogyakarta yang paham dengan gelar-gelar di lingkungan keraton ini. Nah berikut ulasan mengenai gelar bangsawan Keraton Yogyakarta untuk Anda :

Gelar kebangsawanan Keraton Yogyakarta :

1. Gusti Raden Mas (GRM)
Gusti Raden Mas (GRM) adalah gelar bangsawan keraton Yogyakarta untuk putra Sultan dari permaisuri di masa muda atau sebelum dewasa.

2. Gusti Raden Ajeng (GRAj)
Gusti Raden Ajeng (GRAj) adalah gelar untuk putri Sultan dari permaisuri di masa muda atau sebelum dewasa.

3. Kanjeng Gusti Pangeran Harya (KGPH)
Kanjeng Gusti Pangeran Harya (KGPH) adalah gelar untuk putra Sultan dari permasiuri setelah dewasa atau setelah menikah. Sebelum dewasa bergelar GRM.

width=800

4. Gusti Kanjeng Ratu (GKR)
Gusti Kanjeng Ratu (GKR) adalah gelar untuk putri Sultan dari permasiuri setelah dewasa atau setelah menikah. Sebelum dewasa bergelar GRAj.

5. Bendara Raden Mas (BRM)
Bendara Raden Mas (BRM) adalah adalah putra Sultan yang bertakhta dari garwa bukan permaisuri (garwa ampeyan atau selir) di masa muda.

6. Gusti Pangeran Harya (GPH)
Gusti Pangeran Harya (GPH) adalah gelar bangsawan Keraton Yogyakarta untuk putra Sultan yang bertakhta dari garwa bukan permaisuri (garwa ampeyan atau selir) setelah dewasa atau setelah menikah.

7. Gusti Bendara Pangeran Harya (GBPH)
Sama dengan gelar GPH. Gelar ini di masa Sri Sultan HB IX ditambah menjadi Gusti Bendara Pangeran Harya (GBPH).

8. Bendara Raden Ajeng (BRAj)
Bendara Raden Ajeng (BRAj) adalah gelar bangsawan Keraton Yogyakarta untuk putri Sultan dari garwa selir di masa muda.

9. Gusti Bendara Raden Ayu (GBRAy)
Gusti Bendara Raden Ayu (GBRAy) adalah gelar bangsawan Keraton Yogyakarta untuk putri Sultan dari garwa selir saat sudah dewasa atau sudah menikah.

width=750

10. Kanjeng Raden Tumenggung (KRT)
Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) adalah gelar bangsawan Keraton Yogyakarta untuk menantu laki-laki Sultan.

11. Bendara Raden Ayu (BRAy)
Bendara Raden Ayu (GBRAy) adalah gelar bangsawan Keraton Yogyakarta untuk menantu perempuan Sultan.

12. Kanjeng Panembahan (KP)
Kanjeng Panembahan (KP) merupakan ggelar bangsawan Keraton Yogyakarta untuk putera Sultan sebagai anugerah tertinggi atas jasa-jasanya terhadap raja.

13. Kanjeng Pangeran Adipati (KPA)
Kanjeng Pangeran Adipati (KPA) adalah gelar kebangsawanan yang diberikan kepada kerabat Sultan sebagai anugerah atas jasa-jasanya yang besar pada Keraton.

14. Kanjeng Pangeran Harya (KPH)
Kanjeng Pangeran Harya (KPH) adalah gelar bangsawan Keraton Yogyakarta untuk kerabat Sultan atau abdi dalem keraton yang dianugerai gelar karena jasa-jasanya.

15. Kanjeng Raden Ayu (KRAy)
Kanjeng Raden Ayu (KRAy) adalah gelar bangsawan Keraton Yogyakarta yang diberikan untuk garwa ampeyan atau selir.

width=800

16. Kanjeng Raden Tumenggung (KRT)
Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) adalah gelar gelar bangsawan Keraton Yogyakarta untuk abdi dalem berpangkat bupati di lingkungan keraton.

17. Raden (R)
Raden (R) adalah gelar bangsawan keraton Yogyakarta yang diberikan kepada keturunan ke lima (wareng) Sultan ke bawah namun sudah menikah.

18. Raden Ajeng (RAj)
Raden Ajeng (RAj) adalah gelar bangsawan Keraton Yogyakarta yang diberikan kepada cucu, cicit, dan canggah perempuan Sultan yang masih anak-anak atau belum menikah.

19. Raden Ayu (RAy)
Raden Ayu (RAy) gelar bangsawan Keraton Yogyakarta yang diberikan kepada oleh cucu, cicit, dan canggah perempuan Sultan yang sudah menikah.

20 Raden Bagus (RBg)
Raden Bagus (RBg) gelar bangsawan Keraton Yogyakarta yang diberikan kepada wareng (keturunan ke lima) Sultan ke bawah yang belum menikah.

Topik Menarik