5 Pertarungan Tinju Terbaik Ellyas Pical, Nomor 1 Kemenangan Manis di Korea Selatan!

5 Pertarungan Tinju Terbaik Ellyas Pical, Nomor 1 Kemenangan Manis di Korea Selatan!

Travel | BuddyKu | Senin, 23 Januari 2023 - 17:59
share

ADA 5 pertarungan tinju terbaik Ellyas Pical akan diulas dalam artikel ini. Salah satu di antaranya ditorehkan ketika ia mentas di Korea Selatan!

Ellyas Pical sendiri diketahui sudah pensiun pada Oktober 1989 silam. Sepanjang kariernya, Ellyas Pical sudah menorehkan 20 kali menang, 11 KO, 5 kali kalah dan 1 kali seri.

Selama kariernya itu, ada sejumlah pertandingan terbaik yang pernah ia geluti. Lantas, pertarungan tinju terbaik apa saja yang pernah ia lakoni?

Berikut 5 pertarungan tinju terbaik Ellyas Pical:

5. Ellyas Pical vs Chang Tae II (17 Oktober 1987)

Ellyas Pical sangat menginspirasi banyak orang karena tak mudah menyerah. Pada 1987 silam, Ellyas Pical sukses kembali menyabet sabuk gelar kelas super terbang IBF.

Ketika itu, Ellyas Pical melakoni pertandingan tinju dunia kelas super terbang IBF melawan Chang Tae II dari Korea Selatan. Dalam pertarungan tersebut, The Exocet (julukan Ellyas Pical) sukses menang kontra Chang Tae II dengan hitung angka.

4. Ellyas Pical vs Khaosai Galaxy (28 Februari 1987)

Ellyas Pical

Setelah setahun sukses merebut kembali sabuk gelar kelas super terbang IBF, Ellyas Pical meraih tantangan dari lawan kelas berat. Penantang tersebut adalah juara dunia versi WBA dari Thailand, Khaosai Galaxy.

Pertandingan Ellyas Pical vs Khaosai Galaxy berlokasi di Stadion Utama Senayan, 28 Februari 1987. Dalam pertarungan tersebut, Ellyas Pical mendapati nasib buruk setelah KO di ronde ke-14, karena pelipis kanan sobek sepanjang 2 cm. Sehingga, hasil tersebut membuat sabuk juara dunia IBF kelas super terbang Ellyas Pical pun jatuh.

3. Ellyas Pical vs Caesar Planco (5 Juli 1986)

Ellyas Pical

Setahun sebelum juara pada 1987, Ellyas Pical pernah kehilangan gelar sabuk juara yang Ellyas dapat pada 1986 karena tumbang dari petinju Dominika, Caesar Polanco. Walau kalah, Ellyas Pical tak pantang menyerah.

Ellyas Pical yang saat itu masih berusia 26 tahun berpeluang melakukan pertarungan ulang di Jakarta, Sabtu 5 Juli 1986. Antusias Ellyas Pical sangat meronta-ronta sampai berhasil mengakhiri pertarungan dalam tiga ronde. Kemenangan itu menjadikannya kembali meraih gelar sabuk kelas super terbang IBF.

2. Ellyas Pical vs Chun Ju Do (3 Mei 1985)

Ellyas Pical

(Ellyas Pical (kiri) bersama artis Jefri Nichol)

Memulai karier tinju yang manis Ellyas Pical membuat pencinta tinju Indonesia berdecak kagum. Bagaimana tidakk Ellyas Pical berhasil menumbangkan Chun Ju Do, wakil Korea Selatan.

Berlaga di Senayan dan ditonton sebanyak 12.000 suporter, Ellyas Pical berhasil menang dengan melayangkan pukulan straight kiri jarak pendek. Pukulannya itu mendarat keras di rahang Chun Ju Do hingga membuat dia terkapar.

1. Ellyas Pical vs Hee Yun Chun (19 Mei 1984)

Ellyas Pical

Di urutan pertama ada debut manis yang ditorehkan Ellyas Pical pada Mei 1984. Ketika itu ia sukses meraih gelar juara kelas super terbang di Korea Selatan.

Petarung dengan postur 165 cm itu sukses menumbangkan wakil tuan rumah, Hee Yun Chun dengan kemenangan angka yang jauh. Hasil tersebut menjadikan Ellyas Pical keluar sebagai petinju pertama Indonesia yang menyabet gelar juara di Korea Selatan!

Topik Menarik