Sungai Cikahuripan, Destinasi Wisata yang Mirip Green Canyon di Amerika

Sungai Cikahuripan, Destinasi Wisata yang Mirip Green Canyon di Amerika

Travel | BuddyKu | Rabu, 11 Januari 2023 - 11:40
share

JEMBER, iNewsJember.id - Green Kenyot Cikahuripan terletak di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Destinasi wisata ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia karena keindahannya yang sangat memukau mata.

Wisatawan bisa menikmati keindahan alam tebing yang menjulang tinggi di aliran Sungai Cikahuripan. Jika mengunjungi tempat ini, disarankan tidak datang di waktu musim hujan, karena debit air bisa tiba - tiba naik.

Jika mengunjungi wisata ini, wisatawan tidak diperbolehkan hanya seorang diri saja. Sebab jika Bendungan Saguling dibuka, alirannya akan memenuhi Sungai Cikahuripan. Sungai Cikahuripan disebut sebagai Green Kenyot karena sekilas mirip dengan Green Canyon di Amerika. Dengan pemandangan tebing yang menjulang tinggi dibelah oleh aliran sungai jernih berwarna kebiruan.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati tiga mata air yang memiliki rasa unik. Mata air ini memiliki rasa yang berbeda setiap bulannya. Bahkan setiap bulan akan berubah warna menjadi merah.

Ketiga mata air ini adalah mata air ibu dengan rasa air yang manis, mata air bapak dengan rasa air yang pahit, dan juga mata air sumur yang rasanya sangat mirip dengan air mineral pada umumnya. Konon, penamaan sumber mata air ini berdasarkan periode menstruasi wanita, sebab mata air ini akan berubah berwarna merah setiap bulannya.

Tiket masuk ke tempat wisata hanya dibanderol sebesar Rp 25.000.saja, dan wisatawan sudah bisa menikmati keindahan Green Kenyot ini. Tempat ini dibuka mulai dari jam 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Terdapat fasilitas rakit yang bisa digunakan wisatawan untuk mengelilingi sungai ini.

Topik Menarik