7 Universitas Negeri di Kalimantan Timur, Sejarah hingga Jurusannya

7 Universitas Negeri di Kalimantan Timur, Sejarah hingga Jurusannya

Travel | BuddyKu | Kamis, 5 Januari 2023 - 12:46
share

JAKARTA, iNews.id - Universitas negeri di Kalimantan Timur tersebar di Balikpapan dan Samarinda. Kedua kota itu kerap menjadi pilihan para pelajar di Kalimantan Timur untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Secara terperinci, Balikpapan memiliki dua universitas negeri. Keduanya yakni Politeknik Negeri Balikpapan dan Institut Teknologi Kalimantan.

Sementara terdapat lima universitas negeri di Samarinda. Di antaranya Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kalimantan Timur, Politeknik Negeri Samarinda, Universitas Mulawarman, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, dan IAIN Samarinda.

Berikut pembahasan lebih perinci mengenai universitas negeri di Kalimantan Timur, sebagaimana iNews.id rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/1/2023).

Daftar Universitas Negeri di Kalimantan Timur

1. Politeknik Negeri Balikpapan

Politeknik Negeri Balikpapan atau yang biasa disebut Poltekba oleh masyarakat sekitar terletak di Jalan Soekarno Hatta, Balikpapan Utara. Kampus ini berjenis perguruan tinggi vokasi.

Poltekba memiliki lima jurusan, di antaranya teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, perhotelan, dan akuntansi.

Status Poltekba berubah menjadi negeri setelah SK Permendiknas Nomor 41 Tahun 2011 diterbitkan pada 9 September 2011. SK itu ditandatangani oleh Menteri Pendidikan saat itu, Muhammad Nuh.

2. Institut Teknologi Kalimantan

Institut Teknologi Kalimantan (ITK) berdiri pada 6 Oktober 2014. Peresmian dilakukan oleh Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono.

ITK menjadi institut teknologi keempat yang didirikan pemerintah setelah ITB, ITS, dan ITERA. Pendirian ITK dilakukan untuk memenuhi kebutuhan SDM teknik di luar Pulau Jawa.

Sama seperti Poltekba, ITK terletak di Jalan Soekarno Hatta, Balikpapan Utara.

3. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kalimantan Timur

Universitas negeri di Kalimantan Timur selanjutnya yaitu Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kalimantan Timur (Poltekkes Kemenkes Kaltim). Kampus ini menjadi salah satu dari 38 poltekkes yang ada di Indonesia.

Poltekkes Kemenkes Kaltim berlokasi di Jalan Wolter Monginsidi, Samarinda. Perguruan tinggi ini didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menkes-Kesos RI Nomor 298/Menkes-Kesos/SK/IV/2001 tentang Organisasi Tata Kerja Poltekkes Penyelenggaraan Pedidikan Tenaga Kesehatan tertanggal 16 April 2001.

Poltekkes Kemenkes Kaltim memiliki lima jurusan, di antaranya keperawatan, kebidanan, analisis kesehatan, gizi dan dietetika, dan promosi kesehatan.

4. Politeknik Negeri Samarinda

Politeknik Negeri Samarinda atau dikenal Polnes berlokasi di Jalan Cipto Mangun Kusumo, Samarinda Seberang. Universitas negeri di Kalimantan Timur ini didirikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi No.080/Dikti/Kep/85 tertanggal 3 Desember 1985.

Polnes diklaim sebagai bagian integral sistem pendidikan tinggi di Indonesia sesuai SK Nomor 086/O/1997 tertanggal 28 April 1997. SK itu diperbaharui melalui keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No.132/0/2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja yang menetapkan Polnes sebagai Tipe A.

Jurusan yang ada di Polnes di antaranya akuntansi, administrasi bisnis, kemaritiman, pariwisata, teknologi informasi, desain, teknik kimia, teknik sipil, teknik elektro, dan teknik mesin.

5. Universitas Mulawarman

Universitas negeri di Kalimantan Timur selanjutnya yakni Universitas Mulawarman. Kampus ini dikenal dengan sebutan Unmul oleh masyarakat sekitar dan terletak di Jalan Kuaro, Samarinda Ulu.

Unmul berdiri pada 27 September 1962. Kampus ini merupakan universitas tertua di Kaltim.

Unmul menggunakan nama Mulawarman yang merupakan Raja Kerajaan Kutai Martapura pada abad keempat hingga kelima masehi, Mulawarman Nala Dewa.

Terdapat sedikitnya 14 fakultas di Unmul, di antaranya ekonomi dan bisnis, farmasi, hukum, ilmu budaya, ilmu sosial dan ilmu politik, kedokteran.

Kemudian keguruan dan ilmu pendidikan, kehutanan, kesehatan masyarakat, matematika dan ilmu pengetahuan alam, perikanan dan ilmu kelautan, pertanian, teknik, serta teknologi informasi dan komunikasi.

6. Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Politeknik Pertanian Negeri Samarinda semula disebut Polteknik Pertanian Universitas Mulawarman Bidang Studi Kehutanan. Kampus ini berdiri pada 6 Februari 1989.

Politeknik Pertanian Negeri Samarinda terletak di Sungai Keledang, Samarinda Seberang. Terdapat empat jurusan pada universitas negeri di Kalimantan Timur ini.

Jurusan itu perkebunan, manajemen hutan, teknik dan informatika, dan tekonologi hasil hutan.

7. UIN Samarinda

Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda merupakan perguruan tinggi Islam negeri di Samarinda. Berlokasi di Jalan HAM Rifaddin, Loa Janan Ilir.

Kampus ini berdiri berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 11 tertanggal 21 Maret 1997. UIN Samarinda menggunakan nama Sultan Aji Muhammad Idris, Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura pertama yang memakai nama Islam.

UIN Samarinda memiliki empat fakultas. Di antaranya, Ushuluddin adab dan dakwah, tarbiyah dan ilmu keguruan, syari\'ah, serta ekonomi dan bisnis islam.

Itulah daftar universitas negeri di Kalimantan Timur. Informasi yang disajikan dapat menjadi opsi bagi para pelajar untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Topik Menarik