Liburan Awal Tahun di Curug Cijalu Subang, Wisata Air Terjun Indah yang Sarat Mitos

Liburan Awal Tahun di Curug Cijalu Subang, Wisata Air Terjun Indah yang Sarat Mitos

Travel | BuddyKu | Kamis, 5 Januari 2023 - 10:26
share

SUBANG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Curug Cijalu merupakan salah satu tempat wisata di Subang, Jawa Barat yang bisa dijadikan tempat liburan awal tahun 2023.

Tempat wisata Curug Cijalu ini berlokasi di Cipancar, Serangpanjang, Pusakamulya, Kiarapedes, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Wisata alam satu ini berjarak sekitar 37 km ketika Anda berangkat dari pusat kota Subang.

Saat mengunjungi Curug Cijalu ini Anda akan pemandangan alam hijau yang indah dengan sajian air terjun yang menyejukkan jiwa dan pikiran.

Curug Cijalu merupakan salah satu air terjun di Subang yang terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya. Air terjun satu ini masuk kedalam kawasan cagar alam Gunung Burangrang dengan ketinggian mencapai 70 meter.

Tempat wisata di Subang ini berada pada ketinggian mencapai 1.300 mdpl dengan pemandangan alam yang luar biasa menakjubkan.

Anda bisa merasakan sensasi alam yang kental bila berada di wistaa Curug Cijalu tersebut. Lokasinya dikelilingi oleh pepohonan dan dedaunan hijau yang rimbun, menciptakan tampilan yang menyegarkan mata.

Penamaan Curug Cijalu konon berasal dari seorang pendekar yang menetap dikawasan air terjun tersebut. Ci atau Cai berarti air dan Jalu berarti lelaki. Memiliki suhu udara antara 18 hingga 26 derajat celcius yang membuat suasana sekitar curug terasa begitu sejuk dan segar.

Konon, Curug Cijalu ini sering didatangi orang untuk bersemedi dan mandi dengan tujuan mampu menghilangkan penyakit yang dideritanya. Sejak saat itu air terjun ini mulai populer dan banyak dikunjungi. Ada pula yang percaya bahwa siapa saja yang mandi di Curug Cijalu ini dapat segera mendapatkan jodoh.

Untuk menikmati keindahan alam Curug Cijalu ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Harga tiket masuk tempat wisata Curug Cijalu ini hanya berkisar Rp15.000/orang.

Curug Cijalu Subang akan memanjakan perjalanan liburan awal tahun 2023 Anda dengan dengan beragam aktivitas yang bisa dilakukan.

Selain menikmati pesona keindahan alamnya, berikut ini beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di Curug Cijalu:

1. Mandi

Aktivitas yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Curug Cijalu yaitu mandi dan bermain air. Selain berburu foto anti mainstream di Curug Cijalu anda juga bisa bermandi-mandi. Dengan kesegaran air yang akan merelaksasi jiwa dan tubuh anda. Pastikan anda membawa baju ganti agar tak kedinginan setelah berendam di air terjun tersebut.

Kesegaran air yang begitu menggoda akan membuat anda tak ingin cepat-cepat selesai mandi. Airnya begitu segar dan jernih sehingga terasa segar saat anda mengguyur badan. Tubuh akan terasa lebih freash dan kembali fit untuk beraktivitas.

Pemandangan alam sekitar air terjun juga menjadi sudut fotografi yang menarik bagi anda yang hobi berfoto. Refresh tubuh, jiwa, dan pikiran dengan pesona keindahan alam Curug Cijalu tersebut.

2. Berswafoto

Anda juga bisa menikmati keindahan yang ditawarkan dari Curug Cijalu untuk berburu foto instagenic. Dapatkan foto kece untuk mengisi feed media sosial anda.

Banyak sudut yang mendukung untuk setting fotografi dengan latar belakang pemandangan air terjun yang mengalir deras. Perpaduan antara air terjun dan vegetasi sekitar akan menciptakan hasil foto yang pastinya lebih keren. Jangan sampai terlewatkan untuk mengabadikan beragam momen yang berharga saat berada di wisata curug tersebut.

3. Camping

Wisatawan bisa melakukan aktivitas satu ini karena sudah disediakan area khusus yang memadai. Camping menjadi aktivitas yang seru untuk dilakukan bersama teman-teman. Anda bisa menyiapkan dan membawa peralatan camping sendiri dari rumah.

Sesampainya dilokasi, anda akan dikenai biaya sewa kawasan camping yang terjangkau. Nikmati suasana malam hari dengan suguhan gemercik air terjun yang menenangkan. Anda bisa membuat api unggun untuk menciptakan kehangatan dimalam hari yang syahdu.

Topik Menarik