Dibalik Keindahannya, Pantai Parangtritis Memiliki Sejumlah Misteri Menakutkan

Dibalik Keindahannya, Pantai Parangtritis Memiliki Sejumlah Misteri Menakutkan

Travel | BuddyKu | Rabu, 28 Desember 2022 - 21:54
share

YOGYAKARTA, iNewsSurabaya.id Pantai Parangtritis adalah Destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Yogyakarta, Pantai ini berada di Desa Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, DIY. Parangtritis berjarak sekitar 28 km dari kota Yogyakarta.

Dikutip dari Okezone konon katanya Pantai ini dikenal memiliki mitos sosok Ratu Selatan atau sering disebut Nyi Roro Kidul. Ketika berada di area pantai terdapat larangan,yaitu dilarang untuk memakai pakaian berwarna hijau.

Mitosnya Ratu pantai selatan menyukai warna yang berwarna hijau bisa dilihat dari kemben dan kebaya yang ia pakai juga berwarna hijau. Apabila terdapat pengunjung yang melanggar memakai pakaian berwarna hijau, Ratu Pantai Selatan akan menjadikannya sebagai pengikut atau pasukannya.

Pantai Parangtritis juga memiliki hubungan yang sangat erat dengan Keraton Yogyakarta. Setiap tahun sultan Yogya akan membuat upacara persembahan kepada sang Ratu. Orang yang Jawa yang lain juga bisa memberikan persembahan kepada sang Ratu untuk meminta bimbingan, bantuan, dan keberkahan dari sang Ratu Pantai Selatan.

Namun dibalik semua misteri, Pantai Parangtritis memberikan keindahan alam yang sangat indah. Wisatawan akan disuguhkan hamparan pasir yang sangat luas, mendengarkan gemuruh ombak, merasakan air laut yang mengenai kaki anda, dan wisatawan bisa melihat bukit bukit hijau yang subur.

Topik Menarik